Janda Asal Bandung Ditipu Napi yang Mengaku Polisi

Kamis, 17 Oktober 2019 - 14:08 WIB
Janda Asal Bandung Ditipu Napi yang Mengaku Polisi
Ilustrasi/SINDOnews
A A A
SERANG - Togar Carles Sinaga, narapidana di Rumah Tahanan Bagan Siapiapi berhasil menipu FY, janda asal Bandung, Jawa Barat ratusan juta rupiah. Narapidana kasus narkoba itu memanfaatkan foto anggota Polri yang bertugas di Polda Banten untuk menipu korbannya.

Kasubdit V Cyber Ditrektorat Kriminal Khusus (Ditkrimsus) Polda Banten Kompol Wiwin Seriawan mengatakan awalnya Togar memanfaatkan foto anggota Polri yang bertugas di Polda Banten untuk membuat akun Facebook palsu.

"Kemudian pelaku berkenalan dengan FY menggunakan Facebook dengan nama akun Andrean yang juga anggota Polda Banten. Pelaku mencatut foto anggota Polda Banten untuk mengelabui korbannya," ujar Wiwin, Kamis (17/10/2019).

Wiwin menjelaskan, setelah berteman di Facebook, pelaku mulai melakukan komunikasi melalui Facebook Messenger dan mengaku sebagai anggota kepolisian. Padahal, pelaku merupakan narapidana yang tengah ditahan di Rutan Bagan Siapiapi, Riau. "Setelah itu pelaku bertukar nomor WhatsApp dan menjalin komunikasi secara rutin," jelasnya.

Setelah menjalin hubungan dan intens komunikasi melalui WhatsApp sejak Agustus 2019, pelaku mulai memanfaatkan kedekatannya dengan FY untuk meminta sejumlah uang kepada korban yang nilainya mencapai ratusan juta. "Korban mengirim sejumlah uang ke rekening atas nama Budi Kurniawan. Total uang yang dikirim kepada pelaku sekitar Rp275 juta," ujarnya.

Mengetahui fotonya digunakan untuk tindak kejahatan, Kompol Adrian kemudian melaporkan kepada Ditreskrimsus Polda Banten. Setelah dilakukan penyelidikan, pelaku diketahui napi yang tengah menjalani hukuman di Rutan Bagan Siapiapi.

Akibat perbuatannya, pelaku dijerat Pasal 51 Ayat (1) Jo Pasal 35 UU RI No. 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas UU RI No 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dengan ancaman 12 tahun penjara.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.4540 seconds (0.1#10.140)