alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Dukung Samolnas, PT Pos Indonesia-Badan Pembina Samsat Jalin Kerja Sama

Agus Warsudi
Dukung Samolnas, PT Pos Indonesia-Badan Pembina Samsat Jalin Kerja Sama
Penandatanganan nota kesepahaman dan kerja sama antara PT Pos Indonesia dengan Badan Pembina Samsat. Foto-foto/SINDOnews/Agus Warsudi

BANDUNG - PT Pos Indonesia (Persero) mendukung penuh program Samsat Online Nasional (Samolnas) yang dilaksanakan oleh Badan Pembina Samsat.

Dukungan PT Pos Indonesia (Persero) itu diwujudkan dengan penandatanganan nota kesepahaman dan kerja sama antara kedua institusi di Ruang Ramayana, Hotel Prama Grand Preanger, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Rabu (16/10/2019).

Untuk diketahui Badan Pembina Samsat terdiri atas Kepala Korps Lalu Lintas (KakorIantas) Polri Irjen Pol Refdi Andri, Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Syarifuddin, dan Direktur Utama PT Jasa Raharja (Persero) Budi Rahardjo Slamet.



Naskah kesepahaman dan kerja sama tersebut ditandatangani oleh Direktur Utama PT Pos Indonesia (Persero) Gilarsi W Setijono yang diwakili oleh Direktur Komersial Pos Indonesia Charles Sitorus, Direktur Registrasi dan Identfikasi (Regiden) Korlantas polri Brigjen Pol Halim Paggara mewakili Kakorlantas Polri.

Kemudian, Direktur Pendapatan Daerah Dirjen Bina Keuangan Kementerian Dalam negeri Hendriawan mewakili Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri Syarifuddin, dan dan Direktur SDM dan Umum Jasa Raharja Dewi Aryani mewakili Direktur Utama PT Jasa Raharja (Persero) Budi Rahardjo Slamet.

Dukung Samolnas, PT Pos Indonesia-Badan Pembina Samsat Jalin Kerja Sama

Ruang lingkup nota kesepahaman dan kerja sama itu meliputi pengiriman Stiker Registrasi Pengesahan Tahunan Surat Tanda Kendaraan Bermotor, Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran, pemanfaatan channeling produk Pos Giro Mobile, dan Pospay untuk menampung transaksi Samolnas Pajak Kendaraan Bermotor.

Pemanfaatan Posmail untuk Pemberitahuan Pajak Kendaraan kepada para Wajib Pajak, Pemberitahuan Pajak Kendaraan Bermotor yang bermasalah atau menunggak baik melalui email (Posmail) maupun pemberitahuan melalui surat dan potensi pemanfaatan e-Materai untuk bukti pelunasan atau pajak kendaraan bermotor via online.

Pada kesempatan sama juga ditandatangani pula nota kesepahaman modern channel Samolnas antara PT Pos Indonesia (Persero) dengan PT Value Stream Indonesia (VSI) sebagai vendor aplikasi Samolnas tentang Penerimaan Setoran Pajak Kendaraan Bermotor melalui aplikasi Pos Giro Mobile dan Iayanan Pospay.

"Kami akan set up dalam waktu paling lambat tiga bulan ke depan, semua jaringan di kantor pos akan siap hingga ke pelosok daerah," kata Direktur Komersial Pos Indonesia Charles Sitorus.

Dia mengemukakan, dengan kerja sama ini, diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam membayar pajak kendaraan bermotor melalui apikasi Pos Giro Mobile atau datang ke Kantor Pos terdekat. :Sinergi ini diharapkan dapat mengurangi jumlah penunggak pajak kendaraan motor di Indonesia," ujar dia.

PT Pos Indonesia (Persero) telah memiliki jaringan sangat luas hingga 4.800 Kantor Pos online dengan jumlah titik layanan atau point of sales mencapai 58.700 titik dalam bentuk kantor pos, agenpos, mobile postal service, dan lain-lain.

Pos Indonesia juga memiliki jaringan yang dedicated, sistem distribusi andal. Selain layanan kurir dan logistik, PT Pos Indonesia (Persero) memiliki bisnis layanan keuangan Pospay (Bill Payment) yang telah terhubung dengan 400 lebih Biller, pengiriman uang seperti Weselpos lnstan dan kemitraan dengan Western Union, Money Gram, dan perbankan.

Direktur Regident Korlantas polri Brigjen Halim Paggara menuturkan, kerja sama antara Samsat dengan PT Pos Indonesia (Persero) merupakan salah satu upaya sinergi untuk meningkatkan pendapatan dari pajak kendaraan.

Tahun ini, tutur Halim, animo masyarakat membayar pajak kendaraan bermotor menurun. Sehingga, perlu dibantu dengan berbagai kemudahan dalam membayar pajak, salah satunya melalui sistem online dan dokumen dikirim ke rumah.

"Kami juga akan melakukan operasi khusus SIM dan pajak motor dengan mendatangi rumah pemilik mobil mewah. Sebelumnya tentu akan melakukan penertiban di internal sendiri," tutur Halim.

Dia berharap dengan kerja sama dengan PT Pos Indonesia itu, animo masyarakat dalam membayar pajak kendaraan bermotor akan meningkat dua kali lipat dan target dapat tercapai hingga akhir tahun ini.



(awd)