alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Jelang Pelantikan Presiden-Wapres, Polda Imbau Tak Unjuk Rasa

Agus Warsudi
Jelang Pelantikan Presiden-Wapres, Polda Imbau Tak Unjuk Rasa
Foto/SINDONews/Dok/Ilustrasi

BANDUNG - Jelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Indonesia, Polda Jabar mengimbau komponen masyarakat, termasuk mahasiswa untuk tidak menggelar aksi unjuk rasa atau demonstrasi.

Selain itu, Polda Jabar juga mengimbau masyarakat turut serta menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Trunoyudo Wisnuandiko mengatakan, kepolisian tidak melarang masyarakat menyampaikan pendapat. "(Namun) sejauh ini kami mengimbau untuk tidak melakukan itu (unjuk rasa)," kata Truno di Mapolda Jabar, Selasa (16/10/2019).



Truno mengemukakan, secara geografis wilayah Jabar merupakan pintu gerbang dan berbatasan langsung dengan Ibu Kota DKI Jakarta.

Karena itu, ujar Truno, Polda Jabar mengimbau dan memberikan edukasi masyarakat untuk turut menjaga keamanan dan ketertiban menjelang pelantikan Persiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024 pada 20 Oktober 2019 mendatang.

Selain itu pihak juga melaksanakan patroli dengan mengedepankan fungsi pembinaan masyarakat (binmas) dan menjalin komunikasi dengan para tokoh masyarakat dan agama.

"Pada hari-H (pelantikan), kami melaksanakan langkah preemtif, preventif, dan penindakan hukum persuasif untuk mengantisipasi hal-hal yang dapat membuat mengganggu kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat)," ujar Truno.



(awd)