Prabowo Rajin Road Show agar Diterima Parpol Koalisi Jokowi

Selasa, 15 Oktober 2019 - 10:46 WIB
Prabowo Rajin Road Show agar Diterima Parpol Koalisi Jokowi
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto bersama Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh seusai melakukan pertemuan di kediaman Surya Paloh di Jakarta, Minggu (13/10/2019) malam. Foto/SINDO/Yulianto
A A A
JAKARTA - Direktur Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin menilai, langkah Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto yang keliling menemui pimpinan partai koalisi Jokowi-KH Ma'ruf Amin karena merasa mengalami resistensi dan penolakan dari partai-partai koalisi Jokowi.

"Nasdem dan kawan-kawan menganggap Gerindra tidak berdarah-darah dan tidak berkeringat dalam memenangkan Jokowi di pilpres. Masuknya Gerindra di koalisi Jokowi akan mengubah arah peta koalisi Jokowi ke depan," kata Ujang saat dihubungi SINDOnews, Selasa (15/10/2019).

Ujang menilai, road show Prabowo ke ketum parpol koalisi Jokowi tidak lain dan tidak bukan sebagai bagian dari strategi dan komunikasi politik Prabowo dan Gerindra agar diterima oleh partai-partai koalisi Jokowi. "Agar bergabungnya Gerindra ke koalisi Jokowi berjalan lancar, genah, dan merenah," ujarnya.

Ada plus minus atau keuntungan dan kerugian yang didapat Gerindra dengan bergabung ke koalisi Jokowi, begitu juga sebaliknya bagi pemerintahan Jokowi. Keuntungannya, sudah pasti Gerindra akan mendapatkan jatah kursi kabinet. Sedangkan kerugiannya, Gerindra akan menuai resistensi dari koalisi karena sejak awal dianggap berseberangan secara politik.

"Keuntungan Gerindra mendapatkan kursi kabinet di pemerintahan Jokowi. Akan menjadi kekuatan baru di koalisi Jokowi karena Gerindra partai pemenang kedua dengan suara nasional tertinggi kedua," tutur dia.

Keuntungan bagi Jokowi, menambah kekuatan untuk memback up kekuasaan dan pemerintahannya dan juga untuk menaklukkan para oposisi. (Baca Juga: Jangan Percaya Susunan Kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin yang Beredar di Medsos).
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.9378 seconds (0.1#10.140)