LRT Jabodebek Lebih Canggih dari MRT, Ini Infografisnya

Senin, 14 Oktober 2019 - 14:03 WIB
LRT Jabodebek Lebih Canggih dari MRT, Ini Infografisnya
Ilustrasi LRT Jabodebek. SINDO
A A A
JAKARTA - Kehadiran light rail transit (LRT) Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi (Jabodebek) selain menambah alternatif transportasi Ibu Kota juga menjadi bukti kemampuan sumber daya manusia (SDM) lokal dalam berkarya di industri perkeretaapian.

Apalagi LRT Jabodebek yang menelan investasi hampir Rp30 triliun itu diklaim akan lebih canggih daripada mass rapid transit (MRT) yang sudah lebih dulu beroperasi. Keberadaan LRT yang akan diuji coba mulai 18 Oktober mendatang itu pun diharapkan menjadi pilihan masyarakat dalam memanfaatkan moda transportasi umum.

"Ini (LRT) bisa diharapkan lebih canggih dari MRT, dari LRT Palembang. Saya pikir Indo­nesia bisa. Otomatisasinya level 3. MRT padahal masih level 2," ujar Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan saat menyaksikan pengangkatan kereta LRT Jabodebek yang pertama di Cibubur, Jakarta Timur, kemarin.

Luhut menekankan, proyek LRT yang menghubungkan Bekasi Timur hingga Dukuh Atas itu akan menjadi kebanggaan tersendiri karena SDM yang terlibat di dalamnya adalah putra-putri dalam negeri. Seperti diketahui, rangkaian gerbong LRT Jabodebek ini dibuat PT Inka. Adapun infrastrukturnya melibatkan sejumlah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) lain, yakni PT Adhi Karya, PT LEN, dan PT Kereta Api Indonesia (KAI). (Baca Juga: LRT Jabodebek Lebih Unggul).
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.1445 seconds (0.1#10.140)