Kemlu Pastikan Tidak Ada WNI di Jepang Jadi Korban Topan Hagibis

Minggu, 13 Oktober 2019 - 18:06 WIB
Kemlu Pastikan Tidak Ada WNI di Jepang Jadi Korban Topan Hagibis
emlu mengatakan, sejauh ini tidak ada laporan adanya warga negara Indonesia (WNI) yang menjadi korban badai tersebut. Foto/Reuters
A A A
JAKARTA - Kementerian Luar Negeri Indonesia menuturkan, berdasarkan informasi yang mereka miliki, Topan Hagibis telah melewati Pulau Honshu, Jepang. Kemlu mengatakan, sejauh ini tidak ada laporan adanya warga negara Indonesia (WNI) yang menjadi korban badai tersebut.

"Tidak ada WNI yang menjadi korban langsung, namun dilaporkan terdapat beberapa WNI yang rumahnya tergenang banjir dan beberapa turis WNI menginap di hotel sambil menunggu jadwal penerbangan," kata Direktur Perlindungan Warga Negara dan Badan Hukum Indonesia (PWNI-BHI) Kemlu RI Judha Nugraha dalam siaran pers yang diterima SINDOnews, Minggu (13/10/2019).

Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi menginstruksikan KBRI Tokyo dan KJRI Osaka agar terus memantau dan membantu WNI terdampak.

Dia lalu mengatakan, cuaca Tokyo dan Osaka dilaporkan cerah dan masyarakat telah kembali beraktivitas. "Penerbangan di Bandara Tokyo dan Bandara Osaka telah kembali normal," ungkapnya.

Sejumlah orang dilaporkan tewas dan beberapa orang lainnya hilang akibat topan tersebut. Namun, jumlah pasti korban tewas, luka, ataupun hilang akibat badai itu sejauh ini masih simpang siur.

Beberapa media melaporkan bahwa jumlah korban tewas adalah tujuh orang dan 15 hilang. Namun, beberapa media lainnya melaporkan bahwa korban tewas adalah 11 orang.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.5902 seconds (0.1#10.140)