alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Longsor dan Pohon Tumbang Merusak 7 Rumah di Bogor

Haryudi
Longsor dan Pohon Tumbang Merusak 7 Rumah di Bogor
Petugas kepolisian, warga dan BPBD Bogor berupaya melakukan evakuasi puing-puing longor yang terjadi di salah satu titik di kota tersebut pada Sabtu, 12 Oktober 2019 malam.Foto/SINDOnews/Haryudi

BOGOR - Hujan deras yang mengguyur wilayah Bogor, Jawa Barat pada Sabtu, 12 Oktober 2019 petang hingga malam hari kemarin, membuat tembok penahan tebing setinggi delapan meter longsor. Akibatnya, empat rumah di Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor rusak berat.

Dalam waktu yang sama, tebing setinggi enam meter ambruk di Kelurahan Tajur, Bogor Timur, Kota Bogor. Tak hanya merusak dua rumah, kejadian itu juga melukai Sarjono, salah satu penghuni rumah. Sehingga terpaksa harus menjalani perawatan di klinik 24 jam terdekat.

"Selain longsor, satu rumah rusak akibat tertimpa pohon tumbang juga terjadi di Kelurahan Gunung Batu, Bogor Barat, Kota Bogor, dalam kejadian itu tak ada korban jiwa," ungkap Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor Rr. Juniarti Estiningsih, Minggu (13/10/2019).



Juniarti mengatakan, secara keseluruhan rumah rusak akibat hujan dengan intensitas tinggi di wilayahnya sebanyak tujuh rumah. "Yang paling parah terdampak di Bogor Timur. Dua rumah rusak karena tertimpa longsoran tembok penahan tanah di lokasi proyek pembangunan mal," katanya.

Menurut dia, longsor dan pohon tumbang tersebut terjadi karena hujan deras di Kota Bogor dalam beberapa hari terakhir. Juniarti mengimbau warga yang tinggal di bantaran sungai maupun tebing untuk selalu waspada jika terjadi hujan.

"Untuk para korban terdampak, kita sudah lakukan penanganan dengan memasang lembaran terpal dan membersihkan material longsor. Kami imbau warga Kota Bogor waspada jika hujan turun," imbaunya.



(zik)