Gerakan Bela Negara Siapkan 1 Juta Kader Jaga Keutuhan NKRI

Sabtu, 12 Oktober 2019 - 20:05 WIB
Gerakan Bela Negara Siapkan 1 Juta Kader Jaga Keutuhan NKRI
Ketua Umum DPP Gerakan Bela Negara Suaib Didu. Foto/Dokumentasi Suaib Didu
A A A
JAKARTA - DPP Gerakan Bela Negara siap menjadi garda terdepan bagi keutuhan negara dan menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Kader Gerakan Bela Negara tersebar di seluruh penjuru Tanah Air.

"Kami menyiapkan 1 juta kader untuk mengawal NKRI Mereka tersebar di setiap provinsi," ujar Ketua Umum DPP Gerakan Bela Negara Suaib Didu seusai Munas Gerakan Bela Negara di Jakarta, Sabtu (12/10/2019).

Dalam kesempatan tersebut, Suaib Didu juga mengatakan seluruh anggota dewan di setiap tingkatan harus mengikuti pendidikan bela negara agar segala keputusan yang terkait tugasnya seperti legislasi benar-benar bisa dipertanggungjawabkan dan berwawasan kebangsaan.

Menurutnya, hal ini penting lantaran beragamnya latar belakang anggota dewan, khususnya yang baru menjabat. Pola rekrutmen partai politik pun dinilai kurang memerhatikan hal ini. "Nantinya, Pendikan Bela Negara ini difasilitasi Kementerian Pertahanan," ujarnya.

Suaib Didu menambahkan, pendidikan bela negara juga perlu dilakukan sejak dini. Dia mencontohkan, di Sulawesi Selatan pendidikan ini diterapkan bagi siswa SMP dan SMA. "Anggarannya pun dimasukkan APBD. Diharapkan hal ini dilakukan juga di seluruh Indonesia," ujarnya.

Di sisi lain, Gerakan Bela Negara juga menyoroti tingginya utang negara. Suaib Didu berharap agar pemerintah jangan sampai mentradisikan menumpuk utang yang akhirnya membebani generasi berikutnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.2133 seconds (0.1#10.140)