DPMTSP KBB Siapkan Video Profil 10 Destinasi Wisata Baru

Jum'at, 11 Oktober 2019 - 20:55 WIB
DPMTSP KBB Siapkan Video Profil 10 Destinasi Wisata Baru
Kepala Bidang Perencanan Pengembangan Iklim dan Promosi Penanaman Modal, DPMPTSP KBB Dadang Dahyar. Foto/SINDOnews/Adi Haryanto
A A A
BANDUNG BARAT - Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna mencanangkan pembukaan sepuluh destinasi wisata baru di Kabupaten Bandung Barat.

Agar segera terealisasi pada 2020, Bidang Perencanan Pengembangan Iklim dan Promosi Penanaman Modal, Dinas Penanaman Modal Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) KBB menyiapkan video profil ke-10 destinasi wisata tersebut.

"Kami sedang menyiapkan video profil sepuluh destinasi wisata baru yang dicanangkan oleh Bupati. Targetnya tahun ini sudah selesai sehingga bisa mendukung promosi objek-objek wisata tersebut untuk diperkenalkan ke masyarakat," kata Kepala Bidang Perencanan Pengembangan Iklim dan Promosi Penanaman Modal, DPMPTSP KBB Dadang Dahyar, Jumat (11/10/2019).

Menurut dia, video profil menjadi sarana pendukung promosi bagi 10 objek wisata tersebut sehingga akan digarap semaksimal mungkin.

Itu akan sangat bermanfaat dalam memperkenalkan ke masyarakat ataupun investor dengan tampilan audio dan visualnya. Tujuannya publil menjadi aware, mengenal, mau berkunjung, ataupun jika bagi investor mereka bisa ikut menanamkan modalnya.

Berkaca dari daerah lain, lanjut Dadang, ketika ada ajang pameran atau promosi biasanya di stand mereka menayangkan video profil berbagai produk UMKM ataupun tempat wisata.

Hal tersebut terbilang cukup efektif sebagai media promosi karena bisa dilihat banyak orang. Investor juga bisa memilih destinasi wisata mana yang cocok bagi mereka ketika ingin berinvestasi.

"Tentunya kami juga tidak bisa bekerja sendiri dan butuh support dari pihak terkait lain termasuk Dinas Pariwisata, Pokdarwis, dan masyarakat juga," ujar dia.

Kasi Pengembangan Iklim Penanaman Modal DPMPTSP Deden Iman Herdiansyah menuturkan, selain mempromosikan wisata pihaknya juga melakukan pemetaan potensi wilayah di sekitar objek wisata.

DPMPTSP KBB mencari sesuatu yang bisa dikembangkan sehingga bisa terintegrasi dengan destinasi wisatanya. Misalnya menggali potensi apakah ada penginapan, UMKM, atau kreasi lain yang bisa dikembangkan.

"Tugas kami di sini seperti itu, tidak hanya terpaku kepada wisatanya saja. Tapi bagaimana mengembangkan potensi di sekitarnya menjadi wisata baru yang terintegrasi dari mulai penginapan, suvenir, hingga oleh-oleh khas masyarakat setempat," tutur Deden.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.1626 seconds (0.1#10.140)