alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Pascalongsor Batu Raksasa di Sukamulya, PT MSS Siapkan Proteksi

Asep Supiandi
Pascalongsor Batu Raksasa di Sukamulya, PT MSS Siapkan Proteksi
Polres Purwakarta AKBP Matrius saat meninjau lokasi longsor batu raksasa di Kampung Cihandeuleum, Desa Sukamulya. Foto/Humas Polres Purwakarta

PURWAKARTA - PT Mandiri Sentra Sejahtera (MSS) segera mengambil langkah-langkah proteksi di sekeliling lokasi penambangan pascalongsor batu yang menimpa sejumlah rumah di Kampung Cihandeuleum, Desa Sukamulya, Kecamatan Tegalwaru pada Rabu 8 Oktober 2019 lalu.

Perusahaan yang bergerak di bidang penambangan batu andesit itu berkomitmen, kasus serupa diharapkan tidak terjadi lagi. Selain PT MSS siap terus berkontribusi terhadap program pembangunan pemerintah.

“Tentunya kami menyesal dan tidak menyangka bahwa pada saat dilakukan peledakan terjadi insiden yang tidak diinginkan, yaitu ada longsoran batu akibat getaran sehingga merusak beberapa rumah penduduk,” kata Direktur PT MSS Bambang Yudaka, Jumat (11/10/2019).



Meski demikian, ujar dia, pihak perusahaan menilai, peledakan tambang tersebut telah dilakukan sesuai prosedur. Hanya saja formasi geologis batu andesit dengan ikatan tanah yang kering menjadi terlepas.

”Terjadinya longsoran batu-batu besar itu tidak dapat kami prediksi sepenuhnya. Kami sangat prihatin dan akan bertanggung-jawab atas musibah yang sama sekali tidak diharapkan,” ujar dia

Selain itu, tutur Bambang, perusahaan selalu berupaya memenuhi ketentuan dan peraturan yang berlaku. Ditambah dengan proses penambangan dan produksi yang aman, berkelanjutan, dan memperhatikan lingkungan.



(awd)