Habiskan Rp142 M, Pembangunan Gedung DPRD KBB Ditarget Selesai 2020

Jum'at, 11 Oktober 2019 - 20:21 WIB
Habiskan Rp142 M, Pembangunan Gedung DPRD KBB Ditarget Selesai 2020
Pembangunan gedung baru DPRD KBB di Desa Mekarsari, Kecamatan Ngamprah, mulai dilakukan menghabiskan anggaran Rp142 miliar. Foto/SINDOnews/Adi Haryanto
A A A
BANDUNG BARAT - Proses pembangunan gedung baru DPRD Kabupaten Bandung Barat (KBB) yang berlokasi di Desa Mekarsari, Kecamatan Ngamprah, telah memasuki pengerjaan fisik di lapangan.

Gedung wakil rakyat yang lokasinya tidak jauh dari kompleks Pemda KBB ini akan memiliki total lahan seluas dua hektare dan akan memiliki bangunan total enam lantai dengan pola berundak.

"Pengerjaan fisik sudah dilakukan sejak dari tiga minggu ke belakang. Di tahap awal ini prosesnya adalah pematangan lahan dan pemasangan sekitar 150 buah tiang pancang," kata Kabid Tata Bangunan Gedung Permukiman dan Jasa Kontruksi, Dinas PUPR, KBB, Yoga Rukma Gandara di Ngamprah, Jumat (11/10/2019).

Habiskan Rp142 M, Pembangunan Gedung DPRD KBB Ditarget Selesai 2020


Yoga mengemukakan, dari total lahan seluas dua hektare itu yang akan dibangun hanya sekitar 1.000 meter persegi. Sisanya akan menjadi tempat parkir dan ruang terbuka hijau (RTH).

Karena lokasi Gedung DPRD KBB merupakan wilayah Kawasan Bandung Utara (KBU) maka koefisien wilayah terbangun tidak boleh lebih dari 20%.

Disinggung terkait anggaran yang disiapkan, dia menyebutkan, tahun ini dari APBD KBB dialokasikan sebesar Rp22 miliar dari total kebutuhan anggaran Rp142 miliar.

Namun beban anggaran itu tidak semuanya ditanggung oleh APBD KBB, tapi ada bantuan dari Pemprov Jabar. Rencananya Pemprov Jabar akan menggelontorkan bantuan anggaran sekitar 70% dari total kebutuhan pembangunan.

"Ya sekitar Rp97 miliar akan dibantu dari provinsi. Tapi karena penganggarannya tahun jamak, maka tidak khawatir meski nantinya lompat tahun," ujar dia.

Gedung DPRD KBB yang dibangun itu, tutur Yoga, memiliki desain konsep Observatorium Bosscha dan Gunung Tangkubanparahu, yang merupakan ikon KBB.

Untuk ruang perkantoran dengan bentuk bangunan menyerupai perahu terbalik. Sementara di bagian atas gedung diberi kubah seperti Observatorium Bosscha. Di bagian atasnya akan ada ruangan untuk jamuan terbatas bagi tamu-tamu penting.

"Kami menargetkan gedung ini selesai dibangun tahun depan sehingga anggota DPRD KBB bisa pindah dari gedung yang sekarang ditempati di Tagog, Padalarang," tutur Yoga.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.2603 seconds (0.1#10.140)