alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Kontes Kopi Khas Nusantara Digelar di Bandung pada 17-19 Oktober

Arif Budianto
Kontes Kopi Khas Nusantara Digelar di Bandung pada 17-19 Oktober
Foto/Facebook/Ilustrasi

BANDUNG - Sebuah kontes kopi khas nusantara bakal digelar di Kabupaten Bandung yang diikuti peserta dari berbagai kalangan pegiat dan penghasil kopi.

Acara ini bertujuan menjaring kopi unggul hasil perkebunan di Indonesia untuk diperkenalkan kepada komunitas penggemar kopi internasional.

Perwakilan panitia penyelenggara dari PT Langit Biru Maharaya Adep Husni mengatakan, tahun ini Kontes Kopi Specialty Indonesia (KKSI) bakal digelar di Kabupaten Bandung, tepatnya di Gedong Sabilulungan, Soreang pada 17 hingga 19 Oktober 2019 mendatang.



Kontes kopi tersebut akan diikuti peserta dari seluruh Indonesia. Terdiri atas perorangan, kelompok tani, koperasi, perusahaan, instansi pemerintah, lembaga penelitian, coffee shop, eksportir kopi, dan lainnya.

Mereka akan memajang kopi kopi terbaik, jenis arabika dan robusta. "Untuk menjaring kopi terbaik nusantara, kami menggelar seleksi tahap awal. Peserta harus mengirimkan sample kopi terbaik kepada panitia. Nanti, akan dipilih 15 kopi terbaik," kata Adep Husni di Bandung, Kamis (10/10/2019).

Ke-15 kopi terbaik yang lolos seleksi tersebut, ujar Adep, akan diikutkan pada acara pameran di Sabilulungan. Pada kesempatan itu, akan dipilih tiga pemenang sebagai kopi dengan cita rasa terbaik. Pemenang akan mendapatkan hadiah dan piagam penghargaan.

"Acara KKSI merupakan event yang rutin digelar setiap tahun. Tahun ini, KKSI merupakan penyelenggaraan ke-11," ujar dia.

Acara tersebut, tutur Adep, digagas oleh Asosiasi Eksportir Kopi Indonesia (AEKI) bekerja sama dengan PT Santos Jaya Abadi (Kapal Api), PT Excelso Multirasa, Pusat Penelitian Kopi, dan Kakao Indonesia serta BPD AEKI DKI Jaya.

"Salah satu tujuan digelarnya acara ini adalah inventarisasi karakteristik mutu fisik dan cita rasa kopi dari seluruh Indonesia. Sehingga akan terpilih kopi terbaik," tutur Adep.

Dengan terpilihnya kopi terbaik, dia berharap akan mendukung pengembangan produksi kopi Indonesia untuk pasar ekspor dan domestik. Juga mendorong Iahirnya kopi-kopi berkualitas dan bercita rasa baik.

Hasil akhir dari KKSI, ungkap Adep, akan mendorong peningkatan nilai jual kopi, khususnya kopi berkualitas baik di Indonesia.

"Ini juga momen untuk mempromosikan kopi-kopi yang bercitarasa baik. Daerah penghasil kopi terbaik bisa ikut terpromosikan sebagai destinasi wisata. Sehingga akan meningkatkan kunjungan wisatawan ke daerah tersebut," pungkas dia.



(awd)