alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Mabes Polri Pastikan Pelaku Penusukan Wiranto Terpapar ISIS

Binti Mufarida
Mabes Polri Pastikan Pelaku Penusukan Wiranto Terpapar ISIS
Polisi meringkus tersangka pelaku penusukan terhadap Menko Polhukam RI Wiranto. Foto/Istimewa

JAKARTA - Polri memastikan dua pelaku penyerangan Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto di Menes, Pandeglang, Banten, terpapar paham radikal ISIS.

Tersangka pelaku penusukan, adalah Fitri Andriana binti Sunarto (21), asal Desa Sitanggai, Kecamatan Karangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Selama ini Fitri tinggal di kontrakan di Kampung Sawah, Desa/Kecamatan Menes, Kabupaten Pandeglang .

Sedangkan pelaku kedua, adalah Syahril Alamsyah alias Abu Rara (31), warga Jalan Syahrial VI No 104 LK, Desa Tanjung Mulia Hilir, Kecamatan Medan Deli, Kota Medan, Sumatera Utara.



"Terduga pelaku saat ini sudah diamankan di Polres Pandeglang, kemudian Polda Banten dan di backup Densus 88. Terduga pelaku terpapar paham radikal ISIS," ungkap Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Pol Dedi Prasetyo (10/10/2019).

Dedi menjelaskan, pada saat kejadian ada sekelompok massa yang ingin mencoba bersalaman dengan Menko Polhukam, kemudian dimanfaatkan pelaku Syahril untuk melakukan penusukan.

"Laki-laki ini membawa senjata tajam yang masih kita dalami apakah berbentuk pisau atau semacam gunting. Tapi ini sudah direncanakan, penusukan dari depan Pak Menko mengenai bagian depan. Pak Kapolsek dari bagian belakang yang ada di tempat juga terkena luka tusukan," jelas Dedi.

Penyerangan ini, kata dia, terjadi seusai Wiranto datang ke Pandeglang, Banten untuk meresmikan Gedung Kuliah Bersama Universitas Mathla'ul Anwar di Kampus UNMA Banten.



(awd)