alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

3 Event Seni dan Budaya Akan Dihelat di Majalengka pada Oktober Ini

Inin Nastain
3 Event Seni dan Budaya Akan Dihelat di Majalengka pada Oktober Ini
Poster salah satu acara festival tanahair#6. Foto/Komunitas Hujan Keruh

MAJALENGKA - Sejumlah event seni dan budaya akan dihelat di Kabupaten Majalengka selama Oktober 2019 ini. Salah satunya, festival tanahair#6 yang digelar pada 25-28 Oktober 2019 mendatang.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Majalengka Gatot Sulaeman mengatakan, setidaknya ada tiga event seni dan budaya yang terbilang besar akan dihelat.

Dibuka dengan acara rutin Nyiramkeun Pusaka (memandikan pusaka) di Talaga pada 14 Oktober, dua event lainnya akan menyusul digelar.



Selang lima hari kemudian dari event Nyiramkeun, tepatnya 19 sampai 20 Oktober berlangsung Festival Edelweis di Buper Cidewata, Desa Payung, Kecamatan Rajagaluh. Festival tersebut merupakan event yang baru pertama kali digelar di Kabupaten Majalengka.

"Kolaborasi antara pengelola wisata, pengelola TNGC, pemerintah, dan komunitas. Di event ini ada konservasi dan edukasi. Nantinya di sana juga ada pentas seni," kata Gatot.

Event di Kabupaten Majalengka pada bulan ini akan ditutup dengan Festival Tanah Air, di Jatitujuh. Festival yang sudah masuk tahun ke enam ini akan digelar dari tanggal 25 sampai 28 Oktober. Pada festival ini, akan diisi dengan berbagai macam penampilan seni, dari mulai seni musik, tari, hingga seni rupa.

Salah satu tari yang akan ditampilkan pada festival Tanah Air ke 6 ini adalah Tari Blentung. Rencananya, tari yang terinsfirasi dari lingkungan sekitar ini akan diikuti oleh sebanyak 1000 orang oenati dari berbagai macam latar belakang.

"Pemerintah telah berkomitmen, pariwisata itu sebagai salah satu penggerak ekonomi, sebagai prioritas. Ukuran yang paling pas adalah berapa jumlah pengunjung yang datang," ujar dia.

"Untuk menarik (pengunjung) itu, selain mengandalkan destinasi yang sudah ada, kami juga buat wisata buatan, ya event itu. Sebenarnya kegiatan apapun, prinsifnya itu bisa jadi event," pungkas Gatot.



(awd)