alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Awal Musim Hujan, Sampah di Cimahi Diprediksi Naik 3-4 Ton

Adi Haryanto
Awal Musim Hujan, Sampah di Cimahi Diprediksi Naik 3-4 Ton
Petugas DLH Kota Cimahi sedang membersihkan sampah di ruas jalan utama. Penumpukan sampah dikhawatirkan menjadi penyebab banjir di musim hujan. Foto/SINDOnews/Adi Haryanto

CIMAHI - Memasuki musim pancaroba peralihan dari kemarau ke musim hujan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cimahi mempertebal jumlah personel dan pengawasan.

Pasalnya di awal musim hujan biasanya terjadi peningkatan volume sampah terutama sampah-sampah yang keluar dari gorong-gorong atau saluran air di jalan umum.

"Setiap awal musim penghujan biasanya memang ada peningkatan sampah, bisa sampai 3-4 ton. Ini karena sampah-sampah yang di got keluar terdorong air hujan," kata Kepala DLH Kota Cimahi, Mochammad Ronny, Rabu (9/10/2019).



Dijelaskannya, jika tidak bercecer ke luar saluran air sampah biasanya menumpuk di satu titik yang terkadang menjadi penyebab terjadinya banjir.

Untuk itu pihaknya terus menggerakan lagi ke masyarakat untuk menjaga pola hidup sehat dengan diingatkan agar tidak buang sampah sembarangan atau ke aliran sungai.

Rencananya akan disiapkan 12 personel yang berpatroli melakukan pengawasan secara bergiliran. Patroli itu dilakukan untuk mengantisipasi adanya warga yang membuang sampah ke sungai.

Sebab, berdasarkan prediksi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) musim kemarau diprediksi akan berakhir bulan ini karena bulan depan akan memasuki musim penghujan.

Terkait penanganan sampah sungai di wilayah Melong, Cimahi Selatan yang berbatasan langsung dengan Kota Bandung, dirinya sudah berkoordinasi dengan Pemkot Bandung.

Di sekitar area sungai akan disimpan bak truk terbuka untuk menyimpan sampah. Kemudian juga akan diadakan patroli gabungan dari Pemkot Cimahi, Pemkot Bandung dibantu unsur TNI melalui Sektor Citarum Harum.

"Diharapkan dengan adanya pengawasan atau patroli petugas, tidak ada lagi yang buang sampah sembarangan termasuk ke sungai," imbuhnya.

Menurutnya, jika kedapatan ada warga yang membuang sampah sembarangan di semua area, khususnya di area sungai, maka petugas akan memberikan sanksi.

Bahkan jika sudah kedapatan sering buang sampah ke sungai, pihaknya berkoordinasi dengan Satpol PP untuk penindakannya.

"Bagi yang kedapatan buang sampah kita koordinasi Satpol PP dan dikenakan sanksi. Sebelumnya juga sudah ada lima orang yang kedapatan tangan buang sampah ke sungai," pungkasnya.



(awd)