Tiga Hari ke Depan, Kecepatan Angin di Ciayumajakuning Meningkat

Selasa, 04 September 2018 - 11:53 WIB
Tiga Hari ke Depan, Kecepatan Angin di Ciayumajakuning Meningkat
BMKG Stasiun Meteorologi Jatiwangi, Kabupaten Majalengka. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
MAJALENGKA - Angin kencang kembali terjadi di wilayah Cirebon, Indramayu, Majalengka, Kuningan (Ciayumajakuning) sejak Senin (3/9/2018) malam. Kondisi itu diperkirakan terjadi hingga tiga hari ke depan.

Dari catatan yang ada di BMKG Stasiun Jatiwangi, kecepatan angin rata-rata berada di angka 22 knot atau 40 km per jam. Angka tersebut cenderung lebih tinggi dari kondisi normal, yang hanya 10 knot.

Kecepatan angin itu tidak menutup kemungkinan masih akan meningkat. "Kondisi peningkatan kecepatan angin di wilayah Ciayumajakuning diprakirakan dapat mencapai hingga 50 km per jam. Puncak kecepatan angin kemungkinan terjadi siang hari dari pukul 13.00 hingga 18.00 WIB," kata Forecaster BMKG Jatiwangi Ahmad Faa Iziyn di Kantor BMKG Stasiun Meteorologi Jatiwangi, Jalan Letda A Arzain, Jatiwangi, Selasa (4/9/2018).

Dari enam daerah, jelas dia, kecepatan angin paling tinggi diperkirakan terjadi di Kabupaten Majalengka dan Cirebon bagian selatan. Letak geografis menjadi pemicu kecepatan angin di daerah itu lebih kencang dari daerah lainnya.

"Ada pengaruh Gunung Ciremai, sehingga daerah yang dekat dengan Gunung Ciremai embusan angin akan terasa semakin kencang," ujarnya.

Kendati begitu, kecepatan angin tersebut tidak berdampak terhadap tingginya gelombang di perairan utara Indramayu dan Cirebon. Di dua daerah itu, ketinggian gelombang dalam beberapa hari ke depan diprediksi relatif normal.

"Gelombang laut bukan hanya dipengaruhi angin, tapi juga faktor rambatan swell (rambatan gelombang dari wilayah lain). Dari data yang ada, peningkatan kecepatan angin yang terjadi tidak berimbas kepada tinggi gelombang. (Gelombang) relatif normal," jelasnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.9290 seconds (0.1#10.140)