Kawal Pelantikan Jokowi-Ma'ruf, Brigade 01 Jabar Datang ke Jakarta

Rabu, 09 Oktober 2019 - 13:27 WIB
Kawal Pelantikan Jokowi-Maruf, Brigade 01 Jabar Datang ke Jakarta
Barisan Relawan Penggerak Desa (Brigade) 01 Jawa Barat akan mengawal penuh jalannya pelantikan Presiden-Wakil Presiden terpilih periode 2019-2024 Joko Widodo-Maruf Amin (Jokowi-Maruf)
A A A
BANDUNG - Barisan Relawan Penggerak Desa (Brigade) 01 Jawa Barat akan mengawal penuh jalannya pelantikan Presiden-Wakil Presiden terpilih periode 2019-2024 Joko Widodo-Ma'ruf Amin (Jokowi-Ma'ruf) yang dijadwalkan Minggu 20 Oktober 2019.

Sedikitnya 10.000 kader Brigade 01 Jabar akan bertandang ke Jakarta untuk mengawal jalannya pelantikan tersebut. Bahkan, Brigade 01 Jabar menyatakan siap pasang badan bagi siapa pun yang mencoba menggagalkan pelantikan Jokowi-Ma'ruf.

Ketua Brigade 01 Jabar Cecep Kholiludin menegaskan, pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih merupakan puncak pesta demokrasi yang harus dilaksanakan. Terlebih, Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah menetapkan Jokowi-Ma'ruf sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode 2019-2024 sesuai aturan perundang-undangan yang berlaku.

"Kedaulatan rakyat yang diwujudkan melalui pemilu (pemilihan umum) tidak boleh diganggu oleh siapa pun, dengan alasan apa pun. Hasil pemilu sudah ditetapkan oleh KPU, Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu), dan MK (Mahkamah Konstitusi) serta sah secara konstitusi dan mengikat. Maka, pelantikan harus diterima semua elemen bangsa dan dilaksanakan secara ikhlas gembira," tutur Cecep di Bandung, Rabu (9/10/2019).

Cecep menyatakan, jika ada pihak-pihak yang berniat menggagalkan pelantikan Jokowi-Ma'ruf, Brigade 01 Jabar siap pasang badan untuk menjaga amanah dan kepercayaan rakyat yang telah memberikan pilihannya. "Sebagai bentuk dukungan, kami dari Jabar akan mengirimkan perwakilan sebanyak 10.000 orang ke Jakarta," ujarnya.

Cecep melanjutkan ke-10.000 anggota Brigade 01 Jabar itu nantinya akan bergabung bersama organisasi relawan lainnya. Selain mengawal dan mendukung pelantikan Jokowi-Ma'ruf, seluruh organisasi relawan Jokowi-Ma'ruf pun nantinya menggelar syukuran.

"Brigade 01 beranggotakan para pegiat desa, elemen desa, dan masyarakat desa. Jadi, kita ini datang ke Jakarta salah satunya juga mewakili gerakan masyarakat desa," ujar Cecep.

Cecep menambahkan, pihaknya pun mendukung penuh TNI dan Polri untuk menindak tegas siapa pun yang ingin mengganggu atau menghalangi jalannya pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode 2019-2024. "Kami tegaskan, TNI dan Polri harus menjamin kemanan pelaksanaan pelantikan ini. Mereka telah bersumpah untuk menjaga bumi pertiwi, termasuk melindungi pilihan rakyat Indonesia hingga titik darah penghabisan," tandasnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.7177 seconds (0.1#10.140)