alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Fenomena Kulminasi, Rabu Siang Indramayu Tanpa Bayangan

Inin Nastain
Fenomena Kulminasi, Rabu Siang Indramayu Tanpa Bayangan
Tugu buah dermayu yang merupakan ikon Kabupaten Indramayu. Foto/Istimewa

MAJALENGKA - Kabupaten/kota di Jawa Barat dipastikan akan mengalami kulminasi utama pada pekan ini. Fenomena alam tersebut akan terjadi pada Kamis (9/10/2019) dan Minggu (13/10/2019) mendatang.

Prakirawan BMKG Stasiun Meterologi Kertajati Ahmad Faa Iziyn mengatakan, kulminasi merupakan fenomena alam ketika matahari tepat berada di posisi paling tinggi di langit. Kulminasi disebut juga dengan transit atau istiwa.

Akibatnya, kata Faiz, bayangan benda tegak akan menghilang, karena bertumpuk dengan benda itu sendiri. "Ini terjadi karena bidang ekuator Bumi atau rotasi Bumi tidak tepat berimpit dengan bidang ekliptika atau bidang resolusi bumi. Sehingga posisi matahari dari Bumi akan terlihat terus berubah sepanjang tahun antara 23, 5° LU sampai dengan 23, 5° LS," kata Faiz, sapaan akrab Ahmad Faa Iziyn.



Dia mengemukakan, dari hasil pengamatan, fenomena alam kulminasi akan terjadi di semua kabupaten/kota di wilayah Cirebon-Indramayu-Majalengka-Kuningan (Ciayumajakuning).

Kulminasi di Ciayumajakuning akan terjadi pertama kali di Kabupaten Indramayu pada Rabu (9/10/2019) besok, pukul 11.38.08 WIB.

Sedangkan Kabupaten/Kota Cirebon, Kabupaten Majalengka, dan Kabupaten Kuningan, fenomena kulminasi tersebut baru akan terjadi pada Jumat (11/10/2019).

Untuk Kabupaten/Kota Cirebon dan Kabupaten Kuningan, Kulminasi terjadi pukul 11.32.58 WIB. "Untuk Kabupaten Majalengka lebih akhir, pukul 11.33.58 WIB," ujar dia.



(awd)