alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Petugas Tetap Bersiaga Tangani Karhutla di Sindangwangi

Inin Nastain
Petugas Tetap Bersiaga Tangani Karhutla di Sindangwangi
Petugas Pusdalops PB BPBD Kabupaten Majalengka berupaya memadamkan karhutla di Desa Bantaragung, Kecamatan Sindangwangi, Selasa (8/10/2019). Foto/Istimewa

MAJALENGKA - Penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Desa Bantaragung, Kecamatan Sindangwangi, Kabupaten Majalengka mulai menunjukkan titik terang. Meski begitu, petugas tetap bersiaga melakukan pemadaman.

Manajer Pusdalops PB BPBD Kabupaten Majalengka Indrayanto mengatakan, hingga Selasa (8/10/2019) sore, petugas berhasil memadamkan kobaran api di beberapa titik.

Hingga pukul 15.00 WIB, sebagian besar titik api sudah berhasil dipadamkan. Namun, kata dia, sekitar pukul 17.54 WIB, api kembali muncul di Lembah Ciwaringin, Blok Sitiwu, dan Blok Batu Karang.



"Pukul 17. 54 WIB, laporan dari tim gabungan, muncul titik api baru yang berada di daerah sekitar Lembah Ciwaringin dengan medan yang curam dan berada pada ketinggian 1.200 mdpl," ungkap Indrayanto, Selasa (8/10/2019).

Menurut dia, tim gabungan bergerak cepat menuju titik api melewati Liangangin untuk melakukan pemadaman manual dan membuat sekat bakar, agar api tidak menyebar.

"Namun, petugas terkendala medan yang curam. Angin juga masih cukup kenceng dan berubah-ubah," ujarnya.

Hingga memasuki hari ke lima, lanjut Indrayanto, luas lahan yang terbakar sekitar 226 hektare (ha), terdiri dari lahan milik BTNGC sekitar 180 ha dan lahan milik masyarakat sekitar 46 ha.

Sementara jenis vegetasi yang terdampak berupa pohon pinus, puspa, huru, kaliandra, sebagian pohon eucalyptus dan semak-semak belukar kering serta ilalang.

"Blok yang terbakar hasil mapping dan pemantauan langsung di lapangan dengan kondisi aman, tidak ada asap. Bara api tampak di Blok Buper Leles, Guling Munding, Buper Awilega, Batu Semar, dan Blok Cidodolog," paparnya.

"Kondisi siaga karena masih ada asap dan bara api terjadi di Blok Liangangin, Leuweung Gede, Batu Karang, dan Blok Sitiwu. Untuk wilayah perbatasan Kuningan, berdasarkan laporan BPBD Kuningan, kondisi aman," katanya.



(abs)