Dedi Mulyadi Sulap Rutilahu Warga Bojong Menjadi Rumah Panggung

Selasa, 04 September 2018 - 08:57 WIB
Dedi Mulyadi Sulap Rutilahu Warga Bojong Menjadi Rumah Panggung
Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat Dedi Mulyadi dibantu warga membongkar Rumah Ii Somantri di Bojong Timur, Bojong, Purwakarta. Rumah tersebut sudah tidak layak huni dan bisa roboh sewaktu-waktu akibat lapuk dimakan usia. Foto/Istimewa
A A A
PURWAKARTA - Ketua DPD Partai Golkar Jabar Dedi Mulyadi memenuhi janjinya mengubah rumah tidak layak huni (rutilahu) milik warga Desa Bojong Timur, Kecamatan Bojong, Purwakarta, menjadi rumah panggung layak huni.

Kondisi rumah milik Ii Somantri (47) memang sangat memprihatinkan. Atap kayu rumah itu telah habis dimakan rayap. Dinding bilik bambu sudah menghitam akibat dimakan usia, sehingga rumah tersebut sewaktu-waktu bisa roboh.

Bagian dalam rumah yang berpenghuni tujuh orang itu juga sangat sempit. Di rumah itu hanya ada satu kamar dan tidak memiliki kamar mandi. Selain itu, bagian dapur terhubung dengan ruang tamu tanpa sekat.

"Kita bangun kembali agar layak huni menjadi rumah panggung. Biar Pak Ii sekeluarga bisa tidur nyenyak," kata Dedi di lokasi rumah itu, Senin (3/9/2018).

Sebelumnya, mantan bupati Purwakarta itu pernah mengunjungi rumah tersebut pada 28 Agustus 2018. Saat itu dia berjanji kembali berkunjung dan membongkar rumah Ii untuk dibangun kembali.

Dedi Mulyadi memilihkan konsep rumah panggung untuk rumah Ii. Selain berpijak pada kultur Sunda, rumah panggung memiliki kualifikasi tahan gempa. Ditambah, Bojong merupakan daerah pegunungan sehingga cocok dengan jenis rumah tersebut. "Kalau desain ini diikuti warga lain, ini kan bisa menjadi destinasi wisata," ujarnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.9102 seconds (0.1#10.140)