Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum Minta Lulusan UPI Mengabdi di Daerah

Selasa, 08 Oktober 2019 - 13:33 WIB
Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum Minta Lulusan UPI Mengabdi di Daerah
Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) mewisuda sebanyak 4.760 orang lulusan dari berbagai strata pendidikan. Foto/SINDOnews/Arif Budianto
A A A
BANDUNG - Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum meminta lulusan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) mengabdikan kemampuannya di daerah masing-masing. Hal ini penting untuk pengembangan daerah.

"Saya berterima kasih kepada UPI sudah membangun perguruan tinggi di daerah. Karena kalau tidak disebar ke daerah nanti akan terkumpul di kota besar. Ini sudah sesuai dengan program kami untuk pengembangan daerah," kata Uu seusai hadir pada wisuda mahasiswa UPI di Kampus UPI, Jalan Setiabudi, Kota Bandung, Selasa (8/10/2019).

Menurut dia, dunia kerja saat ini menghadapi era disrupsi, banyak pekerjaan yang digantikan oleh robot. Oleh karenanya, dia berharap lulusan UPI jangan menjadi pekerja yang pekerjaannya akan digantikan robot. Mahasiswa mesti mampu membuat inovasi, sehingga tidak akan tergeser oleh disrupsi teknologi. "Mereka yang punya kualitas dan daya saing akan mampu menghadapi kompetisi ini," ujarnya.

Sementara itu, Rektor UPI Asep Kadarohman mengatakan, untuk membantu pertumbuhan daerah, pihaknya terus memperluas kampus dan prodi di daerah. Saat ini, komposisi mahasiswa UPI di daerah mencapai 15%. Filosofi adanya kampus daerah juga untuk pengembangan daerah.

"Sehingga setelah lulus, mereka kami harapkan mengembangkan kemampuannya di daerah, membantu daerah. Harapannya, tidak hanya bekerja, tapi membuka lapangan kerja baru," kata dia.

Wisuda kali ini berbeda dengan sebelumnya lantaran berdekatan dengan Dies Natalis UPI yang ke-65 dan Lustrum UPI yang ke-13 yaitu pada tanggal 20 Oktober 2019.

Pada wisuda gelombang III tanggal 8-10 Oktober 2019 ini, UPI mewisuda sebanyak 4.760 orang lulusan. Dengan rincian jumlah wisudawan berdasarkan jenjang pendidikannya yaitu D3 242 orang, S1 3.785 orang, S2 666 orang, dan S3 sebanyak 67 orang.

Banyaknya lulusan yang diwisuda pada bulan Oktober ini menunjukkan semakin banyaknya mahasiswa yang lulus tepat waktu. Hal ini merupakan indikator semakin baiknya layanan akademik dan nonakademik para pimpinan, dosen, dan tenaga kependidikan kepada para mahasiswa selama menempuh pendidikan di UPI.

"Mudah-mudahan dengan semakin bertambah usia, UPI semakin banyak menghasilkan lulusan yang kompeten di bidangnya masing-masing dalam rangka menyediakan sumber daya manusia yang unggul."
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.3835 seconds (0.1#10.140)