alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Hutan dan Lahan Kawah Putih Terbakar, Wisata Dihentikan Sementara

Agus Warsudi
Hutan dan Lahan Kawah Putih Terbakar, Wisata Dihentikan Sementara
Api meludeskan pohon dan semak belukan di kawasan Kawah Putih. Foto/Istimewa

BANDUNG - Polda Jabar mengimbau wisatawa yang mengunjungi kawasan objek wisata Kawah Putih, Gunung Patuha, Ciwidey, Kabupaten Bandung, waspada.

Imbauan itu terkait kebakaran hutan dan lahan (karhutla) Kawah Putih seluas 15 hektare sejak Senin 7 Oktober 2019 sekitar pukul 14.00 WIB hingga hari ini, Selasa (8/10/2019).

"Ya kami mengimbau untuk waspada. Jadi aktivitas wisata di Kawah Putih tidak ditutup tetapi diwaspadai beberapa spot saja karena ada kebakaran lahan," kata Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, Selasa (8/10/2019).



Truno mengemukakan, Polda Jabar telah menurunkan tim untuk membantu pemadaman kebakaran di Kawah Putih. "Personel Polres Bandung diturunkan ke sana. Kewaspadaan di objek wisata Kawah Putih dimaksudkan untuk mengurangi korban terdampak," ujar dia.

Sementara itu, Kapolsek Ciwidey AKP Ifan mengatakan, aktivitas wisata di Kawah Putih untuk sementara ditutup sampai situasi dinilai aman.

"Untuk mencegah jatuhnya korban, untuk sementara objek wisata Kawah Putih ditutup," kata Kapolsek dihubungi melalui telepon.

Diketahui, karhutla di Kabupaten Bandung meluas. Setelah meludeskan puluhan hektare tanaman di hutan Gunung Sadu dan Malabar, kebakaran juga melanda kawasan objek wisata Kawah Putih, Gunung Patuha, Desa Sugihmukti, Kecamatan Pasirjambu.

Peristiwa itu terjadi pada Senin 7 Oktober 2019 sekitar pukul 14.00 WIB. Kondisi terkini, sampai dengan pukul 03.00 WIB, api masih menyala dengan taksiran luas lahan terbakar mencapai kurang lebih 15 hektare. Api menghanguskan pohon cantigi, pakis andam, dan alang-alang di lahan seluas 15 hektare .

Kepala Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jabar Budi Budiman mengatakan, pihaknya bersama BPBD Kabupaten Bandung menurunkan tim untuk memantau kebakaran di Kawah Putih, Ciwidey.

Penanganan awal yang dilakukan dengan membuat parit dan penyiraman oleh petugas pemadam kebakaran supaya api tidak merembet," kata Budi.

Budi mengemukakan, selanjutnya semua unsur yang terlibat penanganan kebakaran menggelar rapat Koordinasi bersama Kapolres Bandung AKBP Indra Hermawan, Dandim 0609 Kabupaten Bandung, BPBD Kabupaten Bandung, Perhutani, damkar, pengelola objek wisata Kawah Putih, masyarakat sekitar, dan relawan pegiat kebencanaan. "Penanganan selanjutnya akan dilaksanakan pagi ini (Selasa 8/10/2019)," ujar Budi.

Sementara itu, pada Sabtu 5 Oktober 2019 pukul 13.00 WIB, terjadi karhutla yang melanda kawasan Petak 31A, Puncak Mega, Gunung Puntang.

Lahan seluas 26 hektare ludes terbakar dilalap si jago merah. Api menghanguskan pohon pinus, rancamala, manglid, alpukat, dan alang-alang yang tumbuh di kawasan itu.



(awd)