Hutan dan Lahan di Kawah Putih Ciwidey Terbakar

Selasa, 08 Oktober 2019 - 08:21 WIB
Hutan dan Lahan di Kawah Putih Ciwidey Terbakar
Kebakaran melanda kawasan objek wisata Kawah Putih, Gunung Patuha, Desa Sugihmukti, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung, Jabar. Foto/Istimewa
A A A
BANDUNG - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kabupaten Bandung meluas. Setelah meludeskan puluhan hektare tanaman di hutan Gunung Sadu dan Malabar, kebakaran juga melanda kawasan objek wisata Kawah Putih, Gunung Patuha, Desa Sugihmukti, Kecamatan Pasirjambu.

Peristiwa itu terjadi pada Senin 7 Oktober 2019 pukul 14.00 WIB. Kondisi terkini, sampai dengan Selasa (8/10/2019) pukul 03.00 WIB, api masih menyala dengan taksiran luas lahan terbakar mencapai kurang lebih 15 hektare. Api menghanguskan pohon cantigi, pakis andam, dan alang-alang di lahan seluas 15 hektare .

Kepala Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jabar Budi Budiman mengatakan, pihaknya bersama BPBD Kabupaten Bandung menurunkan tim untuk memantau kebakaran di Kawah Putih, Ciwidey. "Penaganan awal yang dilakukan membuat parit dan penyiraman oleh petugas pemadam kebakaran supaya api tidak merembet," kata Budi.

Budi mengemukakan, selanjutnya semua unsur yang terlibat penanganan kebakaran menggelar rapat Koordinasi bersama Kapolres Bandung AKBP Indra Hermawan, Dandim 0609 Kabupaten Bandung, BPBD Kabupaten Bandung, Perhutani, damkar, pengelola objek wisata Kawah Putih, masyarakat sekitar, dan relawan pegiat kebencanaan. "Penanganan selanjutnya akan dilaksanakan pagi ini (Selasa 8/10/2019)," ujar Budi.

Ditanya apakah akibat kebakaran lahan itu aktivitas wisata di Kawah Putih ditutup sementara, Budi mengaku belum tahu. Sebab, kebakaran lahan terjadi sekitar pukul 14.00 WIB ketika semua wisatawan telah turun.

"Kami tidak tahu itu. Kejadiannya kan sore pas wisatawan semua turun. Soal apakah ditutup sementara atau tidak, itu kebijakan pemda (Pemkab Bandung) dan pengelola wisata," tutur Budi.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.7779 seconds (0.1#10.140)