alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Cuaca Sangat Terik, Hutan di Lereng Gunung Papandayan Terbakar

Agus Warsudi
Cuaca Sangat Terik, Hutan di Lereng Gunung Papandayan Terbakar
Kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Foto/SINDOnews/Dok/Ilustrasi

GARUT - Hutan dan lahan di lereng Gunung Papandayan, Kabupaten Garut terbakar, pada Minggu 6 Oktober 2019 malam. Api menghanguskan semak belukar dan tanaman di lahan seluas belasan hektera di hutan tersebut.

 

Dandim 0611 Garut Letkol Inf Erwin Agung Teguh Wiyono mengatakan, api berhasil dipadamkan setelah tim gabungan dari Kodim 0611 Garut, BPBD Garut, Polres Garut, dan masyarakat setempat berjibaku memadamkan api secara manual menggunakan peralatan seadanya. 



 

"Kami ajak warga melakukan pemadaman hutan yang terbakar. Alhamdulillah berkat sinergitas seluruh komponen, kebakaran hutan di Gunung Papandayan bisa dipadamkan meski dengan cara manual," kata Erwin saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Senin (7/10/2019).

 

Dandim mengemukakan, luas area lahan hutan yang terbakar diprediksi mencapai belasan hektare. Saat ini, Kodim 0611 Garut bersama unsur Kecamatan Cisurupan dan Polres Garut melakukan antisipasi agar kebakaran tidak meluas.

 

Disinggung tentang kondisi lokasi wisata di Gunung Papandayan, Erwin menyatakan, masih aman. "Lokasi kebakaran pada Minggu malam berjarak sekitar 7 km dari area parkir Gunung Papandayan. Kami bersama unsur lain terus berkomunikasi untuk mengantisipasi kebakaran hutan ini," ujar Dandim.

 

Erwin menuturkan, faktor utama penyebab kebakaran hutan di Gunung Papandayan adalah musim kemarau yang cukup panjang dan cuaca sangat terik. "Faktor cuaca ya. Karena lokasi kebakaran cukup jauh dari permukiman penduduk," tutur Erwin.



(awd)