alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Unpad Punya Rektor Baru, Ini Harapan Ridwan Kamil

Arif Budianto
Unpad Punya Rektor Baru, Ini Harapan Ridwan Kamil
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Foto/Istimewa

BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memiliki harapan besar terhadap rektor baru Universitas Padjadjaran (Unpad) Prof Dr Rina Indiastuti, terutama dalam rangka mengimplementasikan program Jabar Juara.

"Saya berharap agar kerja sama dengan Jabar bisa lebih terstruktur. Sekarang sudah ada kerja sama, cuman belum jelas. Dengan rektor baru ini, kami akan bikin lembaga seperti Center for West Java Studies," kata Ridwan Kamil saat hadir pada pelantikan Rektor Unpad di Aula Graha Sanusi Jalan Dipatiukur, Kota Bandung, Senin (7/10/2019).

Menurut dia, pusat studi itu nantinya menjadi pintu gerbang yang menghubungkan antara Unpad dan Pemprov Jabar. Semua kerja sama akan terkoneksi lewat satu pintu, sehingga koordinasi bisa lebih mudah.



Lembaga tersebut, kata dia, nantinya bisa menjadi tempat riset atas berbagai persoalan yang dihadapi Jawa Barat. Pemecahannya, bisa melibatkan semua fakultas dan jurusan, berdasarkan bidang kepakarannya masing-masing. Termasuk membuat program yang berkaitan dengan Jabar Juara.

"Semua riset, problem Jabar bisa dititipkan kepada tiap fakultas. Nanti pintunya satu aja. Nanti kami bisa bantu biayai juga. Itu janji 100 hari Bu Rina. Nanti ditagih aja," kata dia.

Menanggapi hal itu, Rektor Unpad Rina Indiastuti mengaku, rencana pembangunan pusat studi antara Unpad dan Pemprov Jabar merupakan gagasannya sejak lama. "Sebenarnya konsep itu sudah saya utarakan sejak tiga tahun lalu. Saya melihat, Jabar punya potensi besar, sehingga perlu daya saing. Jalurnya melalui pusat studi itu," kata dia.

Berbagai bidang yang bisa digarap, tak hanya soal pendidikan, tetapi juga terkait kesehatan, pemberdayaan UMKM, program menelurkan star up baru yang mengolah konten Jabar, dan lainnya.

Pusat studi itu, kata dia, nantinya menjadi pusat kajian yang diharapkan memberi dampak besar bagi kemajuan dan kesejahetaraan mayarakat Jawa Barat.

Diketahui, Rina hari ini resmi dilantik sebagai Rektor Unpad hingga 2024. Prosesi pelantikan digelar di Aula Graha Sanusi Jalan Dipatiukur, Kota Bandung, Jabar.



(zik)