alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Pemkab Purwakarta Bakal Tata Tenaga Harian Lepas di Sejumlah OPD

Asep Supiandi
Pemkab Purwakarta Bakal Tata Tenaga Harian Lepas di Sejumlah OPD
Salah satu prosesi penerimaan CPNS di Kabupaten Purwakarta. Dalam hal kepegawaian, beban pemerintah setempat cukup besar dengan banyaknya jumlah Tenaga Harian Lepas (THL). Foto/Istimewa

PURWAKARTA - Sekretaris Daerah (Sekda) Purwakarta Iyus Permana mengakui jumlah tenaga harian lepas (THL) cukup banyak yakni 2.342 orang tersebar di berbagai organisasi perangkat daerah (OPD). Banyaknya THL berdampak pada pembengkakan anggaran yang mencapai sekitar Rp35 miliar.

Pihaknya pun berusaha untuk menata keberadaan THL di sejumlah OPD. Sebab, keberadaan mereka tidak merata. Dalam satu OPD jumlah mereka overload, seperti keberadaan THL yang ada di Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) yang terbilang cukup banyak. Sementara, di OPD lain jumlahnya sangat minim THL.

"Pada dasarnya keberadaan THL ini cukup membantu. Akan tetapi perlu ditata agar THL ini bisa meningkatkan kualitas pelayanan di instansi-instansi yang ada. Apalagi anggaran untuk keperluan THL cukup besar," ungkap Iyus kepada SINDOnews, Minggu (6/10/2019).



Selain itu, para THL ini bisa menutupi kebutuhan pegawai di saat jumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang pensiun cukup banyak, sekitar 25-30 orang setiap bulannya. Adapun jumlah PNS saat ini sebanyak 7.461 orang yang didominasi guru.

Iyus menjelaskan, ke depan para THL lebih diarahkan menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K). Hanya saja, tergantung dari kompetensi pegawai tersebut. Misalnya di Inspektorat perlu tenaga akuntan, ternyata di THL terdapat pegawai dengan kualifikasi itu. Sehingga, THL yang bersangkutan didorong untuk menjadi P3K.



(zik)