Dorong Gaya Hidup Pintar, PLN Gagas Friday Innovation Night

Sabtu, 05 Oktober 2019 - 18:04 WIB
Dorong Gaya Hidup Pintar, PLN Gagas Friday Innovation Night
PT PLN (Persero) menggagas ajang kreatif bertajuk Friday Innovation Night 2019 guna mendorong masyarakat untuk menerapkan gaya hidup pintar demi kehidupan yang lebih baik. Foto/Istimewa
A A A
BANDUNG - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero menggagas ajang kreatif bertajuk Friday Innovation Night 2019 guna mendorong masyarakat untuk menerapkan gaya hidup pintar (smart living) demi kehidupan yang lebih baik.

Selain dikenal sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang ketenagalistrikan, PLN juga ingin menampilkan sejumlah inovasi dalam upaya mengaplikasikan kegunaan listrik sebagai green smart power of energy.

Melalui ajang Friday Innovation Night 2019 yang mengusung tema "Electrical Lifestyle for Your Better Future" tersebut, PLN ingin lebih memasyarakatkan berbagai inovasi dan pengembangan teknologi yang humanis yang disesuaikan dengan trend gaya hidup saat ini dan antisipasi masa depan. Ajang ini digelar secara bergilir di sejumlah kota besar, mulai dari Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, dan Bali.

Dalam talkshow pertama di Kemang Village, Jakarta, Jumat 4 Oktober 2019, Senior Executive Vice President Business dan Pelayanan Pelanggan PT PLN (Persero) Yuddy Setyo Wicaksono mengemukakan, selain menampilkan berbagai inovasi di bidang kelistrikan, kegiatan ini juga sarat dengan berbagai hiburan seperti ilusi teknologi dan sejalan dengan tema besar electrical lifestyle yang mencakup eco-moving, eco-living, dan eco lifestyle.

"Berbagai kegiatan yang ditampilkan dalam even ini, antara lain berupa talkshow yang sejalan dengan green energy dengan menyesuaikan kondisi gaya hidup manusia yang ingin serba praktis ke depannya, sehingga kehidupan smart living menjadi pilihan kita semua," ujar Yuddy dalam keterangan tertulis yang diterima SINDOnews, Sabtu (5/10/2019).

Selain itu, diadakan juga sosialisasi yang memberikan edukasi mengenai penggunaan kompor induksi yang lebih ramah lingkungan, termasuk juga penggunaan solar panel, motor listrik, serta ikut terlibatnya sejumlah komunitas kendaraan yang menggunakan listrik, seperti komunitas segway dan komunitas pengguna motor dan sepeda listrik.

"Tidak tertutup kemungkinan, ditampilkan hal lainnya yang berhubungan dengan kemajuan teknologi dan inovasi-inovasi terbaru dari PLN Group. Untuk itu PLN siap mengawal perubahan gaya hidup ke arah yang lebih baik," katanya.

Aplikasi dan Kolaborasi PLN dengan Dunia Usaha

Dalam kesempatan itu, Yuddy juga mengatakan, PLN sudah menunjukkan keberpihakannya kepada para pelaku usaha kecil dan menengah seperti mempercepat penggunaan electrical lifestyle, yaitu mempermudah para pedagang di daerah Kebayoran, Jakarta Selatan dengan memberi token gratis kepada mereka, seraya menyediakan stasiun penyedia listrik umum (SPLU) di wilayah tersebut.

Hal serupa juga dilakukan melalui kerja sama dengan Pemkab Banyuwangi dimana pihak PLN juga memfasilitasi pengusaha yang ingin menggunaakan kompor induksi untuk memasak makanannya.

Dalam kesempatan yang sama, Co-Founder Citarasaprima Indonesia Berjaya (CRP) Hendra Noviyanto mengatakan, salah satu bentuk kolaborasi antara PLN dengan perusahannya sejak beberapa tahun yang lalu, yakni komitmen penyediaan 100 unit colokan listrik di setiap gerai Upnormal.

"Kami juga sudah mulai menggunakan sejumlah kompor listrik induksi di sejumlah gerai kami sebagai komitmen mengurangi penggunaan kompor yang berasal dari energi yang cepat habis dengan kompor induksi yang ramah lingkungan," katanya.
(abs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.7422 seconds (0.1#10.140)