alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Pemprov Upayakan Pemulangan 50 Warga Jabar dari Wamena

Agung Bakti Sarasa
Pemprov Upayakan Pemulangan 50 Warga Jabar dari Wamena
Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat menari bersama warga Papua di Jabar beberapa waktu lalu. Foto/Istimewa

BANDUNG - Pemprov Jawa Barat berupaya membantu dan memulangkan warga Jabar terdampak kerusuhan di Wamena, Kabupaten Jaya Wijaya, Provinsi Papua. Sedikitnya terdapat 50 warga Jabar yang kini tengah diupayakan untuk dipulangkan ke Jawa Barat.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan, warga Jabar terdampak kerusuhan itu meminta Pemprov Jabar memfasilitasi kepulangan setelah rumah dan tempat kerja mereka rusak akibat kerusuhan beberapa waktu lalu.

"Ada sekitar 50 orang sedang dievakuasi sesuai dengan permintaan koordinator di sana. Mereka ingin pulang dulu karena tempatnya tidak bisa dipakai karena terbakar," kata Emil di Gedung DPRD Jabar, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Kamis (3/10/2019).



Gubernur yang akrab disapa Emil itu melanjutkan, hari ini (Kamis, 3/10/2019) Pemprov Jabar akan mengirimkan tim ke Wamena untuk menjemput warga Jabar yang terdampak kerusuhan itu. "Ini kami sedang menyiapkan, mudah-mudahan bisa berangkat hari ini," imbuhnya.

Emil menyebut, ada ratusan warga Jabar yang menetap di Wamena. Adapun yang ingin pulang mayoritas ibu-ibu dan anak-anak.

"Kalau warga Jabar di sana ada ratusan, banyak. Itu yang pengen pulang khususnya ibu-ibu dan anak-anak," katanya.

Menurut Emil, pola penanganan pemulangan warga Jabar dari Wamena akan dilakukan seperti memulangkan warga Jabar dari Palu saat terjadi tsunami, tahun lalu.

"Ada emergensi yang di-request, maka kita lakukan seperti saat bencana alam di Palu, mudah-mudahan bisa diberangkatkan hari ini," katanya.

Meski ada warga Jabar yang tidak beralamat di Tanah Pasundan, kata Emil, pihaknya akan tetap membantu dan memulangkannya.

"Ini lebih pada ikatan emosional karena sebagian besar KTP mereka bukan Jabar, tapi tetap mereka warga Jabar dan kita tidak akan pilih-pilih. Yang lain juga pasti kita bantu," ucapnya.

Emil pun berharap, situasi Wamena segera pulih dan warga Jabar kembali bersemangat membangun Indonesia di Papua.

"Saya juga doakan kondusivitas di sana semakin baik dan suatu hari mereka masih semangat untuk membangun Indonesia di tanah Papua," katanya.



(awd)