alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Ratusan Mahasiswa Malaysia-Indonesia Ikuti Sukmalindo di UPI

Arif Budianto
Ratusan Mahasiswa Malaysia-Indonesia Ikuti Sukmalindo di UPI
Ratusan atlet utusan perguruan tinggi dari Indonesia dan Malaysia ikut serta pada kompetisi Sukmalindo di Kampus UPI, Bandung. Foto/SINDOnews/Arif Budianto

BANDUNG - Ratusan mahasiswa dari dua negara yaitu Indonesia dan Malaysia mengikuti kompetisi olahraga Sukan Tahunan Malaysia-Indonesia (Sukmalindo) ke-12 di Kampus Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Jalan Setiabudi, Kota Bandung, Jawa Barat.

Total terdapat 400 orang peserta, terdiri dari 254 orang official, pelatih, dan atlet serta penitia dari dua negara. Dari perguruan tinggi Malaysia mengirimkan 112 official dan atlet. Sementara, sisanya dari Indonesia. Kompetisi ini digelar sejak 1 hingga 4 Oktober 2019.

Dari Indonesia, atlet dari 13 perguruan tinggi ikut ambil bagian. Di antaranya dari STHB, Unikom, Uninus, Unes, UNY, Universitas Trisakti, dan UPI. Sebagian besar kontingan Indonesia dari UPI.



"Dari jumlah peserta memang tidak ada perubahan signifikan. Karena cabang olahraga setiap tahun hampir sama. Kompetisi ini rutin digelar antarkedua negara," kata Wakil Rektor I UPI Solehudin di sela-sela pembukaan Sukmalindo ke-12 di Sport Hall UPI, Rabu (2/10/2019).

Menurut dia, kompetisi olahraga antarmahasiswa dua negara ini digelar dalam rangka mengukur kemampuan atlet mahasiswa antarnegara. Selain itu, sebagai ajang silaturahmi dan mempererat hubungan dua negara dari bidang olahraga.

Sukmalindo digelar bergiliran di Indonesia dan Malaysia. Di Indonesia, kota penyelenggaraan selalu berbuah. "Tahun ini penyelenggaraan Sukmalindo dipercayakan digelar di Bandung. UPI menjadi kampus yang ditunjuk terselenggaranya kompetisi antarmahasiswa Indonesia dan Malaysia," kata Solehudin.

Beberapa cabang olahraga yang dikompetisikan antara lain bola voli, bulu tangkis, futsal, tenis meja, sepak takraw, dan badminton, serta kebudayaan. Khusus kebudayaan digelar untuk menunjukkan khazanah seni dan budaya masing masing negara. "Saya berharap, kontingan Indonesia jadi juara umum, terutama utusan UPI. Satu cabor yang kami andalkan adalah sepak takraw."



(zik)

preload video