Ingin Mendapatkan Kopi yang Enak? Ini Caranya

Selasa, 01 Oktober 2019 - 16:55 WIB
Ingin Mendapatkan Kopi yang Enak? Ini Caranya
Bagi seorang penikmat kopi, rasa adalah segalanya, dan untuk menghasilkan rasa dan aroma kopi yang sempurna tentu saja membutuhkan cara dan trik khusus. (Thrivaholic.com)
A A A
JAKARTA - Setiap orang memiliki selera kopi masing-masing. Namun, bagi seorang penikmat kopi, rasa adalah segalanya. Untuk menghasilkan rasa kopi yang sempurna tentu saja membutuhkan cara dan trik khusus.

Banyak yang mengira, menciptakan rasa kopi yang enak terletak pada saat menyeduhnya. Ini tak sepenuhnya salah, karena memang sebagian besar penyajian rasa kopi terletak pada saat proses penyeduhan.

Dikutip dari Coffindo, jauh sebelum itu, ternyata kopi enak juga ditentukan oleh proses produksi dan penyimpanan biji-biji kopi yang kelak akan diolah menjadi bubuk kopi dan diseduh menjadi sebuah minuman.

Pada awalnya, karakter rasa kopi akan dimulai saat proses roasting atau pembakaran biji kopi dilakukan. Proses roasting ini terbilang sangat krusial untuk menentukan karakter rasa kopi yang diinginkan.

Setidaknya ada tiga tingkat kematangan biji kopi dalam proses roasting, yakni light roast, medium roast, dan dark roast. Light roast merupakan tahapan kematangan paling rendah, dengan karakter rasa asam dan kandungan kafein yang tinggi.

Kemudian di tingkatan menengah yakni medium roast, merupakan tingkat kematangan yang termasuk paling sering dilakukan oleh para produsen kopi, karena rasa yang dihasilkan cenderung lebih seimbang, baik dari kadar keasaman maupun kafeinnya.

Tingkat kematangan yang terakhir adalah dark roast. Sesuai namanya, dark roast menampilkan biji kopi yang sangat gelap dan cenderung lebih pahit. Meskipun sangat jarang diproduksi lantaran rasanya yang kurang enak, biji kopi dark roast ternyata juga memiliki peminat khusus.

Setelah proses roasting, penentuan rasa kopi juga akan ditentukan oleh proses penyimpanan kopi yang harus dilakukan secara khusus. Di mana kopi yang baik harus disimpan ke dalam wadah atau kemasan kedap udara.

Sementara pada tahapan penyeduhan kopi, seorang barista harus jeli menentukan karakter kopi yang pas dan sesuai dengan resep kopi yang nantinya akan disajikan. Barista harus menentukan sendiri jumlah kopi yang akan diseduh. Biasanya proses ini membutuhkan timbangan khusus.

Kemudian, biji kopi tersebut digiling menggunakan hand grinder secara manual, pastikan grinder yang digunakan sudah bersih dan tidak basah. Lalu, untuk proses penyeduhan kopi, Anda tentunya membutuhkan beberapa alat tertentu, tergantung kopi apa yang ingin dibuat. Seperti aeropress, mokka pot, vietnam Drip, chemex, french press, atau langsung menyeduh bubuk kopi kedalam cangkir.

Jika tidak ingin ribet untuk menyajikan kopi ala barista, Anda juga bisa membeli coffee machine atau mesin penyeduh kopi yang berfungsi untuk menyeduh kopi secara otomatis. Mulai dari penentuan jumlah biji kopi, penggilingan hingga penyeduhan, semuanya dilakukan secara otomatis hanya dengan satu kali klik.

Yang patut dicatat, kopi yang enak tidak hanya ditentukan oleh proses penyeduhannya, melainkan juga tergantung pada kualitas kopi dan penyajiannya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.6984 seconds (0.1#10.140)