Kebakaran Hanguskan 300 Kios Pasar Kalijati

Minggu, 29 September 2019 - 14:37 WIB
Kebakaran Hanguskan 300 Kios Pasar Kalijati
Ilustrasi/Istimewa
A A A
SUBANG - Sedikitnya 300 kios di Pasar Kalijati, Kecamatan Kalijati, Kabupaten Subang, Jawa Barat terbakar. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa yang terjadi Sabtu (28/9/2019) malam tersebut. Kerugian ratusan juta rupiah.

"Kebakaran ini terjadi sekitar pukul 23.30 WIB. Saat kami datang api sudah besar,"kata Kabid Damkar Satpoldam Kabupaten Subang, Dede Rosmayadi, Minggu (29/9/2019) pagi.

Menurutnya, api berasal dari kios belakang dan menjalar ke bagian depan. Api dengan cepat menjalar karena material yang ada mudah terbakar. Akibatnya, api semakin membesar. Petugas pemadam kebakaran kesulitan menjinakkan si jago merah tersebut. Selain itu, petugas juga kesulitan akses untuk menjangkau titik api karena di lokasi kebakaran banyak warga dan pedagang menyelamatkan barang-barang yang ada di dalam toko dan kios di pasar itu.

"Kami dibantu warga memadamkan api. Saat itu ada empat unit kendaran pemadam yang menerjunkan untuk menjinakkan api," katanya.

Kebakaran pasar tradisonal ini berlangsung cukup lama. Petugas dan warga berhasil memadamkan api hingga pagi menjelang. Butuh sekitar enam jam menjinakkan api yang membakar kios dan toko di pasar tersebut.

"Adapun penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan kepolisian. Kami tidak bisa menduga-duga," kata Dede.

Sementara itu, Agus (39) salah seorang pedagang pakaian yang tokonya ikut terbakar mengaku bingung. Dia sangat terpukul dengan kejadian ini. Apalagi tokonya itu adalah satu-satunya mata pencaharian untuk menghidupi keluarganya.

"Harapan saya hanya pada pemerintah. Mata pencaharian saya sudah hilang. Saya pun punya utang ke bank yang dibayar dari hasil jualan. Dan sekarang (toko) terbakar," ujar Agus seraya menyebut dirinya mengalami kerugian sekitar Rp200 juta akibat kebakaran tersebut.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.6245 seconds (0.1#10.140)