Ridwan Kamil Takjub Saksikan Festival Layang Lakbok 2019

Sabtu, 28 September 2019 - 16:40 WIB
Ridwan Kamil Takjub Saksikan Festival Layang Lakbok 2019
Salah satu layang-layang yang menghiasi langit Ciamis pada Jumat 27 September 2019 malam. Foto/SINDOnews/Agung Bakti Sarasa
A A A
CIAMIS - Dalam kegiatan Jambore Desa Kelurahan 2019, digelar juga Layang Lakbok Art and Culture Festival atau Festival Layang Lakbok 2019 di area Pesawahan Blok Kuntul, Desa Sidaharja, Kecamatan Lakbok, Kabupaten Ciamis pada Jumat 27 September 2019 malam.

Festival ini cukup unik karena menghadirkan sejumlah layang-layang berukuran raksasa yang diterbangkan di pesawahan yang mengering pada malam hari.

Sinar lampu led yang dipasang pada layang-layang membuat Festival layang-layang sukses menarik perhatian ribuan orang hadir menyaksikan, termasuk Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan rombongan.

Direktur Layang Lakbok Festival 2019 Irvan Nuary mengatakan, festival berlangsung dengan memberdayakan masyarakat sekitar sehingga turut menjaga ekosistem kebudayaan di tengah-tengah masyarakat Lakbok sendiri.

Irvan menambahkan bahwa Layang Lakbok Festival berdampak positif dalam mendorong visi Jabar Juara Lahir Batin melalui kolaborasi dan inovasi dengan mengambil peran dalam kolaborasi seni dan budaya lewat jaringan festival.

"Layang Lakbok punya jaringan festival, Festival Gayo di Aceh, Festival Silalahi di Sumatera Utara, dan Dieng Festival, merupakan jaringan festival berbasis masyarakat yang ada di Indonesia, yang juga berjaringan dengan Festival Layang Lakbok 2019," tutur Irvan.

Dia pun berharap akan semakin banyak wisatawan yang datang ke Lakbok sehingga memberi semangat baru pada masyarakat lokal dalam menciptakan wadah pemberdayaan masyarakat.

"Insyaallah Layang Lakbok Festival membantu pemerintah dari segi pemberdayaan SDM (sumber daya manusia)," katanya.

Layang Lakbok Festival 2019 pun semakin meriah dengan berbagai penampilan seni tradisional yang dimainkan warga Lakbok untuk menghibur pengunjung, salah satunya lewat penampilan Doel Sumbang.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.5633 seconds (0.1#10.140)