alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Rayakan HUT ke-74, PT KAI Luncurkan Kereta Istimewa Non-Reguler

Arif Budianto
Rayakan HUT ke-74, PT KAI Luncurkan Kereta Istimewa Non-Reguler
Dirut KAI Edi Sukmoro dan Menteri Perhubungan Budi Karya saat meresmikan Kereta Istimewa bertepatan HUT ke-74 PT KAI, Sabtu (28/9/2019). Foto/SINDOnews/Arif Budianto

BANDUNG - PT Kereta Api Indonesia (KAI) meluncurkan Kereta Istimewa pada Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74. Kereta tersebut akan melayani perjalanan khusus tak terjadwal untuk rute tertentu.

Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro mengatakan, kereta komersial privat tersebut terdiri atas dua kereta berjenis KRD dengan total kapasitas 40 penumpang.

Jadwal Kereta Istimewa dapat disesuaikan dengan keinginan pelanggan karena tidak dirangkaikan dengan perjalanan KA reguler.



Untuk tahap awal, kereta yang dikelola oleh anak usaha PT KAI, yaitu PT KA Pariwisata ini, dapat dipesan untuk jarak menengah, seperti Jakarta-Cirebon, Jakarta-Bandung, dan Jakarta-Semarang.

Kereta Istimewa tersebut memiliki fasilitas lengkap, seperti ruang rapat, lounge, mini bar, karaoke, musala, dan toilet.

“Kereta Istimewa ini cocok digunakan untuk bisnis, reuni, event, bahkan rekreasi keluarga dan lain sebagainya,” kata Edi pada peringatan HUT KAI di Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Ir H Djuanda PT KAI, Jalan Laswi Nomor 23, Kota Bandung, Sabtu (28/9/2019).

Tak hanya Kereta Istimewa, dalam rangkaian kegiatan peringatan HUT ke-74 KAI ini, pihaknya juga meluncurkan KA Argo Parahyangan Excellence.

Perbedaan dari KA Argo Parahyangan Excellence ini dari KA Argo Parahyangan reguler, ialah waktu tempuhnya yang lebih singkat dari sebelumnya rata-rata 3,5 jam, kini dengan KA Argo Parahyangan Excellence cukup 2 jam 50 menit saja.

KA Argo Parahyangan Excellence dijalankan mulai 1 Oktober 2019 dengan tarif Rp150.000 untuk kelas Eksekutif dan Rp110.000 untuk kelas Premium. Kereta ini hadir menjawab kebutuhan mayarakat akan transportasi massal yang kian besar.

"Kehadiran KA ini merupakan kado ulang tahun dari KAI untuk masyarakat yang ingin menuju kota Bandung maupun Jakarta dengan waktu tempuh dibawah 3 jam. Dengan adanya 2 KA Argo Parahyangan Excellent ini, total KAI mengoperasikan 34 Jadwal KA Argo Parahyangan untuk kenyamanan para pelanggan," ujar Edi.

Menurut Edi, dalam kurun satu tahun terakhir, KAI telah menorehkan berbagai inovasi layanan untuk masyarakat. Fitur KA lokal, reduksi, pembatalan, dan perubahan jadwal di aplikasi KAI Access, peluncuran KA Luxury 2, penambahan frekuensi dan rute baru untuk KA Penumpang dan Barang, serta pengembangan stasiun.

Selama periode Januari-Agustus 2019, KAI telah mengantarkan 283,5 juta penumpang, naik 1% dari periode yang sama di tahun 2018 yaitu 279,6 juta penumpang. Sedangkan untuk angkutan barang KAI telah mengangkut 30,9 juta ton barang, naik 5% dari periode yang sama di tahun 2018 yaitu 29,5 juta ton barang.

Sementara itu, pada peresmian itu, hadir Menteri Perhubungan Budi Karya. Pada kesempatan itu, dia mengapresiasi inovasi yang terus dilakukan PT KAI hingga usianya yang mencapai 74 tahun ini.

"KAI memang harus terus melakukan inovasi, seperti kereta istimewa ini. Apalagi, Indonesia ingin jadikan kereta sebagai transportasi utama. Makanya KAI harus naikkan kualitasnya, karena ekspektasi mayarakat sangat tinggi. Saya ucapkan selamat atas pelayanan yang baik," tutur Edi.



(awd)