Geo Dipa Energi Relokasi Pemasangan Listrik Huntap Sabilulungan

Kamis, 26 September 2019 - 15:33 WIB
Geo Dipa Energi Relokasi Pemasangan Listrik Huntap Sabilulungan
Bupati Bandung Dadang M Nasser saat meresmikan huntap bagi korban bencana Gunung Bubut di Desa Cibodas, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung, Rabu 25 September 2019. Foto/Istimewa
A A A
BANDUNG - PT Geo Dipa Energi (Persero) melaksanakan program Relokasi Pemasangan Listrik untuk Hunian Tetap (Huntap) Sabilulungan dan program Community Development Pemasangan Listrik Masuk Kampung Tahun 2019 di Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Direktur Utama PT Geo Dipa Energi (Persero) Riki Firmandha Ibrahim mengatakan, relokasi pemasangan listrik dilakukan bagi warga terdampak bencana alam berupa pergerakan tanah di Gunung Bubut, Desa Bandasari, Kecamatan Cangkuang, Kabupaten Bandung beberapa waktu lalu.

Program tersebut dilaksanakan melalui skema kerja sama yang didanai Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bandung dan dana corporate social responsibility (CSR) PT Geo Dipa Energi (Persero).

"Sementara program Community Development sendiri telah dilakukan selama empat tahun berturut-turut oleh Geo Dipa Unit Patuha," kata Riki dalam keterangan tertulisnya yang diterima SINDOnews, Kamis (26/9/2019).

Riki melanjutkan, pelaksanaan program Relokasi Pemasangan Listrik Huntap Sabilulungan yang dibuka langsung Bupati Bandung, Dadang M Nasser, Rabu 25 September 2019 itu digelar setelah Pemkab Bandung bersama Bank Jabar Banten (bank bjb) merelokasi dan membangun 19 rumah dan 1 masjid di Desa Cibodas, Kecamatan Pasir Jambu, Kabupaten Bandung.

"Geo Dipa melakukan pemasangan instalasi listrik untuk hunian-hunian dan masjid yang dibangun oleh Pemkab Bandung dan bank bjb," katanya.

Sementara itu, untuk program Community Development, pihaknya akan melakukan pemasangan instalasi listrik bagi 750 kepala keluarga (KK) di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Pasirjambu, Ciwidey, dan Rancabali. Program ini, kata Riki, merupakan bagian dari empat program unggulan PT Geo Dipa Energi (Persero) terkait Ommunity Development, yaitu Geo Dipa Maju.

"Melalui program Geo Dipa Maju, kami berharap keberadaan Geo Dipa dapat memberikan manfaat seluas-luasnya kepada masyarakat. Kami juga ingin berkontribusi lebih melalui program Community Development, yaitu Geo Dipa Maju, Geo Dipa Peduli, Geo Dipa Pintar, dan Geo Dipa Hijau," paparnya.

Riki menambahkan, PT Geo Dipa Energi (Persero) juga turut berkomitmen untuk meningkatkan taraf ekonomi masyarakat melalui berbagai program Community Development.

"Kami ingin maju bersama masyarakat dan membangun ekonomi masyarakat. Oleh karena itu, kami berusaha untuk memenuhi kebutuhan dasar, yaitu listrik," katanya.

Sementara itu, Bupati Bandung Dadang M Nasser mengaku berterima kasih dan mengapresiasi seluruh stakeholder yang telah membantu Pemkab Bandung dalam pembangunan infrastruktur tersebut. "Alhamdulillah, hari ini kami meresmikan huntap bagi korban tanah bergerak. Kami mengucapkan terima kasih kepada perusahaan, di antaranya bank bjb dan Geo Dipa yang telah memberikan CSR dalam pembangunan huntap ini," ungkap Bupati saat peresmian huntap.

Menurut Dadang, Kabupaten Bandung merupakan daerah yang memiliki kontur tanah berbukit-bukit. Dengan kondisi tersebut, pihaknya akan terus berfokus pada penanganan bencana banjir, longsor, dan tanah bergerak.

"Dulu, Kabupaten Bandung pernah dinyatakan sebagai daerah rawan bencana keempat tingkat Provinsi Jawa Barat. Alhamdulillah, dengan kesigapan BPBD, Kabupaten Bandung bisa turun ke tingkat 12," katanya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.3455 seconds (0.1#10.140)