5 Ribuan Kades se-Jabar Bakal Kumpul di Ciamis, Ini Agendanya

Kamis, 26 September 2019 - 13:24 WIB
5 Ribuan Kades se-Jabar Bakal Kumpul di Ciamis, Ini Agendanya
Istimewa
A A A
BANDUNG - Lebih dari 5.000 kepala desa (kades) dan lurah se-Jawa Barat bakal menghadiri kegiatan Jambore Desa yang digelar di Desa Sidaharja, Lakbok, Kabupaten Ciamis, 27-28 September 2019.

Jambore Desa merupakan acara tahunan. Para kades dan lurah berkumpul dan berdiskusi membahas berbagai persoalan bersama Gubernur Jabar Ridwan Kamil. "Pertemuan itu untuk mengevaluasi, baik gubernur dan bupati terhadap daerah maupun kepala desa terhadap kinerja Gubernur. Nanti kita berdialog membahas semua permasalahan," ujar Sekretaris Dinas Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (BPMD) Wahyudin kepada SINDOnews, Kamis (26/9/2019).

Jambore Desa juga akan dimeriahkan festival budaya serta Festival Layang Lakbok. Uniknya, festival layang-layang ini digelar pada malam hari. Menurut Wahyudin, Festival Layang Lakbok sudah menjadi agenda rutin yang kerap menarik perhatian wisatawan.

"Kebetulan di Lakbok itu ada Festival Layang Lakbok yang merupakan kolaborasi komunitas dengan pemerintah. Biasanya, festival layangan itu siang dan sore, ini malam hari di tengah sawah bekas panen, sehingga jadi objek wisata karena layangannya besar dan bercahaya," tutur Wahyudin.

Tidak hanya itu, dalam Jambore Desa pihaknya juga memberi kesempatan bagi desa-desa berprestasi untuk membagikan pengalamannya terhadap desa lainnya. Lebih lanjut Wahyudin mengatakan, Lakbok dipilih menjadi lokasi kegiatan lantaran merepresentasikan daerah perbatasan provinsi. Jambore Desa, kata dia, menjadi sinyal keberpihakan Pemprov Jabar terhadap pembangunan pedesaan, khususnya di wilayah perbatasan.

"Kegiatan ini sejalan dengan program Desa Juara. Lakbok ini perbatasan Jawa Barat dan Jawa Tengah. Jadi, kita berkomitmen untuk mendorong berbagai program, seperti One Vilage One Product, Jalan Mulus (Jamu), hingga Desa Digital. Ibaratnya, kalau gerbang masuknya bagus, dalamnya juga bagus," tandasnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.6383 seconds (0.1#10.140)