alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Jebolan Timnas U-19 Dominasi Daftar Pemain yang Dipersiapkan ke SEA Games

KORAN SINDO
Jebolan Timnas U-19 Dominasi Daftar Pemain yang Dipersiapkan ke SEA Games
Ilustrasi/Istimewa

JAKARTA - Jebolan Tim Nasional U-19 mendominasi daftar pemain yang akan memperkuat Timnas Indonesia U-22 yang akan tampil di SEA Games 2019 Filipina, November mendatang.

Komposisi skuad Garuda Muda ini ditunjang pemain senior yang sebelumnya membawa tim Merah Putih meraih Piala AFF pada 2013 lalu. Regenerasi pemain tampaknya menjadi penekanan Indra Sjafri dalam pemilihan 40 pemain yang disiapkan menghadapi pesta olahraga negara-negara ASEAN di Filipina nanti.

Pelatih asal Sumatera Barat itu memilih mempertahankan kerangka skuad Garuda Nusantara yang sebelumnya sudah tampil di Piala Asia U-19 dan Piala AFF. Nama-nama yang didaftarkan sudah sangat familier lantaran sebelumnya merupakan bintang Timnas U-19.



Sebut saja Egy Maulana Vikry, Saddil Ramdani, Feby Eka, Witan Sulaeman, Asnawi Mangkualam Bahar, atau Nurhidayat Haji Haris. Nama-nama tersebut sebelumnya memang diorbitkan Indra saat membesut Timnas U-19.

Untuk menjaga keseimbangan tim, mantan nakhoda Bali United itu juga menyertakan mantan anak asuhnya saat membawa Indonesia meraih gelar Piala AFF U-19 pada 2013 lalu. Ada nama Hansamu Yama, Evan Dimas, Hanif Sjahbandi, Andy Setyo, dan Zulfiandi dalam komposisi pemain yang didaftarkan.

Selain itu, beberapa nama yang disertakan sebelumnya sudah berpengalaman tampil di SEA Games 2017 Kuala Lumpur lalu saat skuad Garuda Muda ditangani Pelatih Luis Milla. Indra mengungkapkan dari 40 nama tersebut, lima di antaranya pemain senior.

"Nama-nama yang kami pilih adalah pemain yang sudah kami amati dan ketahui kualitasnya. Selain itu ada dari proses seleksi beberapa waktu lalu. Komposisi 35 pemain usia 22 tahun dan lima pemain senior yang kami daftarkan," kata Indra.

Namun, pada SEA Games nanti hanya ada dua pemain senior yang diperkenankan memperkuat setiap tim. Indra masih harus mengerucutkan timnya menjadi 20 pemain. Pada ajang terakhir, Indonesia hanya mampu meraih medali perunggu setelah mengalahkan Myanmar pada perebutan tempat ketiga.

Skuad Garuda Muda sebelumnya gagal ke final setelah dikalahkan tuan rumah Malaysia dengan skor tipis 0-1. Di Filipina nanti, target tinggi kembali dibebankan kepada anak-anak Garuda. Mereka ditargetkan meraih medali emas cabang sepak bola yang terakhir kali di Manila pada 1991 silam.

Sebagai persiapan, Indra mengaku akan kembali menggelar pemusatan latihan (TC) mulai 1 Oktober mendatang. TC ini akan diselingi dengan turnamen internasional di China melawan Arab Saudi, Yordania, dan tim tuan rumah. Sebelum tampil di SEA Games, mereka juga akan turun di Piala AFF dan Kualifikasi Piala Asia U-23.

"Uji coba internasional di China sangat penting untuk mempersiapkan tim mengingat medali emas SEA Games menjadi target utama,” katanya. Abriandi



(zik)