Apresiasi Pesona Lokal, Emil Ajak Perusahaan Lain Angkat Seni Budaya

Minggu, 02 September 2018 - 17:02 WIB
Apresiasi Pesona Lokal, Emil Ajak Perusahaan Lain Angkat Seni Budaya
5.000 peserta ikut serta pada Festival Pesona Lokal Bandung menampilkan seni dan budaya Jawa Barat. Foto/SINDONews/Arif Budianto
A A A
BANDUNG - Wali Kota Bandung yang juga Gubernur Jabar terpilih Ridwan Kamil mengajak dan menantang perusahaan lain ikut serta mengangkat dan memajukan seni budaya lokal.

Bentuknya bisa menggelar festival budaya atau kegiatan lain yang memberi dampak positif bagi masyarakat.

Hal itu disampaikan Ridwan Kamil usai menghadiri Festival Pesona Lokal Adira Finance dan iNews di sekitar Lapangan Gasibu, Kota Bandung, Minggu (2/9/2018).

“Tanggung jawab perusahaan tidak melulu urusan bisnis. Tetapi juga memberi sesuatu kepada masyarakat. Mudah-mudahan (festival ini) menginspirasi perusahaan lain untuk menggelar festival budaya,” kata Ridwan Kamil kepada wartawan.

Menurut Wali Kota yang akrab disapa Kang Emil ini, tidak mungkin membangun negeri hanya dilakukan oleh pemerintah. Swasta harus turun dengan kekuatan kapitalnya mendorong kearifan lokal agar dikenal warganya. Sehingga ada kerja bersama pemerintah dan swasta terhadap seni, budaya, dan ekonomi.

Dia berharap, acara festival budaya rutin digelar di Jawa Barat, termasuk Kota Bandung. Apalagi hal itu sesuai dengan misi Jabar lima tahun kedepan yaitu menciptakan manusia unggul dan berbudaya. Pintar tapi juga nyunda. Sehingga berkualitas dan memiliki rasa budaya lokal.

Dia pun mengapresiasi diikutsertakannya usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) pada Festival Pesona Lokal Bandung. Karena 60% ekonomi Jabar ditopang UMKM. Sehingga UMKM harus menjadi identitas. Kendati karyawannya sedikit tetapi jumlahnya cukup banyak sehingga memberi dampak positif bagi ekonomi Jabar.

Apresiasi Pesona Lokal, Emil Ajak Perusahaan Lain Angkat Seni Budaya


Direktur Utama Adira Finance Hafid Hadeli mengaku, pada festival ini menghadirkan pasar rakyat yang dimeriahkan oleh booth-booth dari para sponsor dan 16 UMKM terpilih. Mereka menyajikan berbagai produk kuliner sampai kerajinan khas Jawa Barat yang inovatif dan kreatif.

Menurut dia, langkah itu merupakan komitmen Adira Finance memajukan UMKM di Jawa Barat. Apalagi, tidak sedikit nasabah Adira adalah para pelaku usaha mikro, menengah, dan kecil.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.0688 seconds (0.1#10.140)