alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Izinkan Luthfi Hasan Ishaaq Keluar Lapas, Kalapas Sukamiskin: Sudah Melalui Prosedur

Agus Warsudi
Izinkan Luthfi Hasan Ishaaq Keluar Lapas, Kalapas Sukamiskin: Sudah Melalui Prosedur
Lapas Sukamiskin. Foto/Dok SINDO

BANDUNG - Luthfi Hasan Ishaaq, terpidana kasus korupsi kuota daging sapi impor mendapat izin keluar dari Lapas Sukamiskin. Mantan Presiden PKS ini izin menghadiri pernikahan anak kandungnya. Dia kembali ke lapas khusus koruptor di Jalan AH Nasution, Kota Bandung itu pada Minggu 22 September 2019 sekitar pukul 21.30 WIB.
 
Kepala Lapas Sukamiskin Abdul Karim mengatakan, izin Lutfi Hasan Ishaaq untuk keluar dari lapas sudah sesuai aturan. Luthfi pergi menghadiri undangan pernikahan anak kandungnya pada Minggu (21/9/2019).

"Luthfi sudah mengajukan izin luar biasa (ILB) jauh-jauh hari, sejak 16 September 2019, untuk bisa keluar lapas. Sebagai bukti, Luthfi menyertakan kartu undangan pernikahan kepada petugas. Jadi sudah melalui prosedur," kata Karim kepada wartawan di Lapas Sukamiskin, Senin (23/9/2019).

Sebelum memberikan izin setelah ada surat pengajuan dari yang bersangkutan, ujar Kalapas, pihaknya melakukan sidang tim pengamat pemasyarakatan (TPP). Kemudian diputuskan memberi izin kepada Luthfi untuk keluar lapas menghadiri pernikahan anak kandungnya.



"(Izin diberikan) karena ini sesuai protap bahwa ada izin luar biasa untuk orang tua sakit, orang tua meninggal, dan menjadi wali nikah," ujar Kalapas.

Karim menuturkan, Luthfi mendapatkan izin keluar Lapas Sukamiskin sejak Minggu 22 September 2019 pagi sekitar pukul 09.00 WIB. Dengan dikawal petugas lapas, Luthfi berangkat dari Lapas Sukamiskin ke tempat pernikahan putranya di kawasan Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Luthfi kembali ke Lapas Sukamiskin pada Minggu malam sekitar 21.30 WIB. "Pengawalan dilakukan dari kami dan pihak kepolisian. (Izin keluar luar biasa) satu hari saja," tutur Karim.

Diketahui, Luthfi Hasan Ishaaq ketahuan keluar lapas ketika wartawan meliput meninggalnya Slamet Riyana yang meninggal dunia di dalam sel. Saat menunggu keterangan dari pihak lapas terkait kematian terpidana korupsi itu, wartawan melihat Luthfi Hasan tiba di Lapas Sukamiskin, dan keluar dari mobil Fortuner hitam dengan nomor polisi B 1027 F.

Saat itu, Luthfi tampak mengenakan topi dan jaket. Seorang petugas Lapas Sukamiskin berjaket dan berkemeja batik, juga turut keluar dari mobil mewah tersebut. Selain itu, ada satu pria lainnya berada di dalam mobil turut keluar. Setibanya di Lapas Sukamiskin, Lutfi langsung masuk ke dalam lapas.



(zik)

loading...