alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Kapal Nelayan Terbalik di Pantai Santolo, Satu Orang Hilang

Agus Warsudi
Kapal Nelayan Terbalik di Pantai Santolo, Satu Orang Hilang
Foto/SINDONews/Dok/Ilustrasi

GARUT - Satu tim Rescue dari Pos SAR Tasikmalaya diterjunkan dalam operasi search and rescue (SAR) kecelakaan kapal nelayan Sundari Jaya yang terbalik di perairan Pantai Santolo, Kabupaten Garut, Minggu (22/9/2019).

Akibat kecelakaan laut tersebut, satu korban atas nama Ujang (47) dinyatakan hilang dan saat ini sedang dalam pencarian tim SAR gabungan.

“Kantor Pencarian dan Pertolongan Bandung menerima informasi pukul 07.45 WIB dari pihak Polair Garut bahwa telah terjadi kecelakaan kapal dengan penumpang dua orang. Satu orang selamat atas nama Iip (25) dan satu korban dalam pencarian Ujang," Kepala Seksi Operasi dan Siaga Kantor SAR Bandung atau Basarnas Jabar Rudi.



Berdasarkan laporan yang diterima Kantor SAR Bandung, ujar Rudi, kapal nelayan Sundari Jaya terbalik dan tenggelam sekitar pukul 04.52 WIB. Saat itu, korban Ujang dan Iip melaut untuk mencari ikan. 

"Setelah menerima informasi, Kantor SAR Bandung menerjunkan satu tim dari Pos SAR Tasikmalaya pada 08.00 WIB dengan estimasi tim tiba pada 11.18 WIB," ujar dia.

Rudy menuturkan, berdasarkan informasi Polair Garut, kapal nelayan yang terbalik sudah berhasil dievakuasi oleh nelayan dan masyarakat setempat. Korban Ujang dan Iip merupakan warga Kampung Pamalayan, Cikeulet, Kabupaten Garut.

“Operasi SAR laka kapal nelayan terbalik didukung sarana satu unit rescue car compartment, satu set palsar air, satu LCR, satu set mopel, peralatan medis dan komunikasi,” tutur Rudi.



(awd)