Wakapolda Jabar: Ipda Erwin Bhabinkamtibmas Berjiwa Pahlawan

Sabtu, 21 September 2019 - 17:43 WIB
Wakapolda Jabar: Ipda Erwin Bhabinkamtibmas Berjiwa Pahlawan
As SDM Kapolr Irjen Pol Eko Indra Heri dan Wakapolda Jabar Brigjen Pol Akhmad Wiyagus foto bersama tokoh yang hadir dalam acara pengarahan bagi Bhabinkamtibmas se-Priangan Timur. Foto-foto/Istimewa
A A A
TASIKMALAYA - Wakapolda JAbar Brigjen Pol Akhmad Wiyagus menyebut almarhum Ipda Erwi Yudha Wildani sebagai sosok Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban (Bhabinkamtibmas) berdedikasi tinggi dan ihlas dalam melaksanakan tugas.

"Sosok almarhum Ipda Erwin patut diteladani. Ipda Erwin memiliki jiwa kepahlawanan, rela berkorban demi tugas menjaga kamtibmas (keamanan dan ketertibna masyarakat)," kata Akhmad saat memberikan sambutan dalam acara Tatap Muka dan Arahan AS SDM Kapolri kepada Bhabinkamtibmas se-Wilayah Priangan Timur di Gedung Graha Asia Plaza, Jalan HZ Mustofa Nomor 326, Kota Tasikmalaya, Jumat (20/9/2019).

Wakapolda Jabar: Ipda Erwin Bhabinkamtibmas Berjiwa Pahlawan


Akhmad mengingatkan para Bhabinkamtibmas agar senantiasa ikhlas dalam memberikan pengabdian kepada masyarakat, bangsa, dan negara.

"Saya berharap Bhabinkamtibmas dapat mengambil hikmah dari kejadian yang menimpa Bhabinkamtibmas Alm Ipda Erwin Yudha di Polres Cianjur," ujar Wakapolda.

Peristiwa yang menimpa almarhum Ipda Erwin Yudha, tutur Akhmad, tidak boleh menjadikan para Bhabinkamtibmas takut dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Justru, peristiwa itu dapat dijadikan cambukmotivasi dalam melaksanakan tugas.

"Hal yang patut menjadi suri tauladan adalah bahwa almarhum Ipda Erwin Yudha Wildani adalah seorang anggota Polri yang berdedikasi tinggi dalam menjalankan tugasnya. Dia merupakan Bhabinkamtibmas terbaik semasa tugasnya," tutur Akhmad.

Sementara itu, Asisten Sumber Daya Manusia (SDM) Kapolri Irjen Pol Eko Indra Heri mengatakan, Presiden Joko Widodo dalam Rapat pimpinan Polri tahun 2019 menyampaikan agar jadilah Bhabinkamtibmas yang memiliki kemampuan komunikasi baik.

Dengan begitu, kata Eko, seluruh informasi di masyarakat dapat diserap dan ancaman dapat dicegah. Sehingga Polri tidak hanya berperan sebagai pemadam kebakaran. Artinya setelah terjadi sesuatu baru berbuat.

"Bhabinkamtibmas jharus memiliki keterampilan deteksi dini, komunikasi sosial, negosiasi, mediasi, dan kepemimpinan. Sehingga mampu memecahkan permasalahan sosial di masyarakat," kata Eko.

As SDM Kapolri mengungkapkan, sebagai Bhabinkamtibmas tidak perlu inovasi muluk-muluk. Cukup membuat sesuatu yang dulu susah menjadi mudah. Yang dulu sia-sia menjadi berguna dan yang dulu tidak ada, menjadi ada.

"Bhabinkamtibmas merupakan ujung tombak Polri dalam membangun sinergi, kepercayaan masyarakat, dan menjadi tempat mereka meminta bantuan dan pertolongan. Oleh karenanya, Bhabinkamtibmas harus senantiasa menjaga nama baik dan citra Polri serta selalu meningkatkan kemampuan dan ketrampilan agar bisa update dengan situasi di masyarakat," ungkap As SDM Polri.

Selain As SDM Kapolri Irjen Pol Eko Indra Heri dan Wakapolda Jabar Brigjen Pol Akhmad Wiyagus, kegiatan tersebut juga dihadiri para pejabat utama Polda Jabar, kepala kepolisian resor (kapolres) se-wilayah Priangan Timur, tokoh agama, dan 900 orang Bhabinkamtibmas.

Wakapolda Jabar: Ipda Erwin Bhabinkamtibmas Berjiwa Pahlawan
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.3803 seconds (0.1#10.140)