Hiu Ini Mati Tersangkut Jaring Nelayan Cirebon

Sabtu, 21 September 2019 - 12:25 WIB
Hiu Ini Mati Tersangkut Jaring Nelayan Cirebon
Hiu paus dengan panjang lima meter dan lebar dua meter ditemukan mati dan terdampar di Kawasan Wisata Pantai Ambulu, Kecamatan Losari, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Jumat (20/9/2019).
A A A
CIREBON - Hiu paus dengan panjang lima meter dan lebar dua meter ditemukan mati dan terdampar di Kawasan Wisata Pantai Ambulu Kecamatan Losari, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat pada Jumat (20/9/2019). Sebelumnya, hiu ini tersangkut jaring nelayan saat melaut.

Hiu ini memiliki berat kurang lebih satu ton. Sebelumnya, ikan ini tersangkut jaring ikan nelayan yang melaut di jarak satu hingga dua mil dari bibir pantai dalam kondisi mati.

Nelayan yang berjumlah delapan orang lalu mengevakuasinya menggunakan dua perahu ke bibir pantai dan menjadi tontonan warga.

Menurut Tarlim, salah seorang nelayan yang mengevakuasi bangkai hiu itu, ikan tersebut sudah dalam kondisi mati saat berada ditemukan di jaringnya. "Lalu saya bawa ke darat pake dua perahu," katanya.

Sakti Anton dari Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) mengatakan, ikan jenis ini tidak boleh ditangkap. Ikan ini dilindungi penuh berapa pun ukurannya. "Dari pengakuan nelayan, waktu ditemukan di jaringnya, ikan ini sudah mati," katanya.

PSDKP akan berkoordinasi dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) untuk menangani bangkai ikan tersebut termasuk menyelidiki penyebab kematiannya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.1026 seconds (0.1#10.140)