alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Kwetiau Daging Kuah Ini Nikmat Disantap Bersama Keluarga

Diana Rafikasari
Kwetiau Daging Kuah Ini Nikmat Disantap Bersama Keluarga
Kwetiau daging kuah. Foto/Istimewa

JAKARTA - Bosan menyantap nasi dan ingin makan makanan berkuah? Buat saja olahan kwetiau. Jika biasanya kwetiau dimasak dengan cara digoreng kering, kini kwetiau dilengkapi dengan kuah lewat sajian kwetiau daging kuah.

Menu ini bisa menambah kenikmatan di lidah, terlebih kwetiau dikombinasikan dengan daging yang membuat siapapun sulit menolak menyantap hidangan yang satu ini.

Untuk membuatnya, Rudy Choirudin berbagi resep dalam program Rasasayange yang ditayangkan MNCTV setiap Sabtu, pukul 08.00 WIB dan program Rudy dan Sahabat yang ditayangkan RCTI setiap Minggu pukul 07.30 WIB. Berikut cara mengolahnya.



Bahan 1:
300 g kwetiau segar, seduh
200 g daging has dalam, bekukan selama 15 menit, kemudian potong tipis

Bahan 2:
75 g taoge besar
2 buah cabe merah, potong batang korek api
50 g daun ketumbar
50 g daun mint
1 sdm keripik bawang putih, dihancurkan

Bahan 3:
3 sdm minyak goreng
4 siung bawang putih, memarkan
2 cm jahe memarkan
1 liter kaldu daging sapi

Bahan 4:
1 sdm kecap ikan
1 sdm kecap asin
1 sdm saus tiram
1 sdt kecap manis
1 sdt Ladaku Merica Bubuk
1 sdt garam
1 sdt gula pasir

Cara membuat:
Campur semua bahan 4 di dalam mangkok, aduk hingga larut, sisihkan. Panaskan minyak goreng, tumis bawang putih dan jahe hingga harum dan kekuningan. Masukkan campuran bahan 4 ke dalam tumisan, aduk hingga rata. Masukkan air kaldu daging, rebus hingga mendidih.

Kecilkan api, masukkan daging has satu persatu, rebus sesaat. Untuk penyajiannya, tata kwetiau yang sudah diseduh ke dalam mangkok. Berikan taoge di atas kwetiau, tambahkan cabe merah dan taburkan keripik bawang putih. Letakkan daging has di atas kwetiau, kemudian siram dengan kuah panas. Sajikan selagi panas dengan taburan daun mint dan daun ketumbar. Kwetiau daging kuah siap dihidangkan.



(zik)