Puting Beliung Terjang Cimahi, 3 Rumah Rusak

Jum'at, 20 September 2019 - 18:18 WIB
Puting Beliung Terjang Cimahi, 3 Rumah Rusak
Warga yang rumahnya menjadi korban terjangan puting beliung di Kampung Nyalindung RT 06/05, Kelurahan Citeureup, Kecamatan Cimahi Utara, Cimahi, sedang membetulkan kembali atap rumah mereka yang rusak, Jumat (20/9/2019). Foto/SINDOnews/Adi Haryanto
A A A
CIMAHI - Angin puting beliung yang datang tiba-tiba merusak sebanyak tiga unit rumah warga Kampung Nyalindung RT 06/05, Kelurahan Citeureup, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi, Jawa Barat, Jumat (20/9/2019). Rumah warga yang rusak adalah milik Akin (64), Warsih (39) dan Asep Tony (42).

Sebagian besar mengalami kerusakan di bagian atapnya karena gentingnya beterbangan tersapu angin. "Kejadiannya sekitar jam 13.30 WIB. Puting beliung itu datang tiba-tiba pas bapa lagi tidur. Denger suara ribut-ribut langsung bangun dan keluar rumah," kata Akin saat ditemui di lokasi.

Dia mengatakan, sebagian genting dan atap rumah miliknya terbang karena saking besarnya angin tersebut. Bahkan, atap kolam pancing yang berada tepat di pinggir rumahnya juga ikut rusak. Dirinya masih bersyukur bangunan rumahnya masih berdiri kokoh dan tidak mengalami kerusakan berarti. "Kalau bangunan (tembok) nggak ada yang rusak. Cuma genting aja, tapi untungnya nggak jatuh ke rumah, kalau gitu saya bisa ketimpa," ujarnya.

Korban lainnya, Asep Tony (42) menyebutkan, saat kejadian sedang menonton televisi dan tiba-tiba angin puting beliung datang dari arah bawah. Dia yang tinggal bersama istri dan satu orang anak langsung mengamankan keluarganya agar tidak tertimpa puing atap yang melayang tertiup angin. Atap rumahnya ditutup asbes jadi bolong karena asbesnya terangkat. "Ini baru kejadian pertama. Keluarga saya tidak ada yang luka. Hanya kerugian materi saja," ucapnya.

Sementara itu, petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Cimahi langsung melakukan assessment tiga unit rumah yang menjadi korban terjangan angin puting beliung tersebut. Berdasarkan data yang masuk ke BPBD, kekuatan angin puting beliung itu setara kecepatan 50 kilometer/jam dengan durasi kurang dari 10 menit.

"Tadi itu perkiraan kecepatan angin sekitar 50 km/jam dan lamanya kurang dari 10 menit. Saat ini tiga rumah yang menjadi korban masih kami assesment," jelas Kepala Seksi Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Kota Cimahi, Ivan Yuda Wibawa yang datang ke lokasi sembari menyerahkan bantuan terpal dan air mineral.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.7152 seconds (0.1#10.140)