Proyek Penataan Pantai Pangandaran Telan Anggaran Rp37,3 Miliar

Kamis, 19 September 2019 - 21:37 WIB
Proyek Penataan Pantai Pangandaran Telan Anggaran Rp37,3 Miliar
Proyek penataan pantai barat dan timur Pangandaran tengah berlangsung dan ditarget selesai pada Desember 2019 mendatang. Foto/SINDOnews/Syamsul Maarif
A A A
PANGANDARAN - Penataan pantai barat dan timur Pangandaran merujuk kepada standar indikator Global Sustainable Tourism Council (GSTC). Proyek tersebut menelan anggaran sebesar Rp37.319.349.000 atau Rp37,3 miliar.

Kepala Bidang Destinasi di Dinas Parawisata Kabupaten Pangandaran, Dudung Cahyadi, mengatakan, anggaran penataan pantai barat dan timur Pangandaran berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Jawa Barat.

"Pengerjaan penataan pantai Pangandaran dilaksanakan oleh PT Bahana Prima Nusantara dengan target pengerjaan 120 hari," kata Dudung.

Dari total nilai anggaran yang tersedia, ujar dia, alokasi untuk pengawasan pekerjaan dianggarkan senilai Rp1.082.445.000. "Pekerjaan ini merupakan salah satu proyek strategis Gubernur Jawa Barat tipe 2," ujar dia.

Dudung menuturkan, penataan pantai barat dan timur Pangandaran ditargetkan selesai pada 10 Desember 2019 dan bisa dinikmati wisatawan saat libur pergantian tahun baru mendatang.

"Agar pengerjaan hasilnya maksimal, kami melibatkan Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintahan dan Pembangunan (TP4)," tutur Dudung.

Dia mengungkapkan, TP4D merekomendasikan kepada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pangandaran agar proyek tersebut tidak berujung pada masalah hukum, harus menjaga kualitas atau mutu dan tepat waktu. "Dalam penataan ini bakal dibangun 13 zona dari pantai barat hingga pantai timur Pangandaran," ungkap Dudung.

Dia menyatakan, anggaran Rp37,3 miliar digunakan untuk penataan zona 1 hingga 11 dan untuk zona 11 hingga 13 akan diusulkan penambahan anggaran senilai Rp25 miliar.

Ke depan pantai barat dan timur dilengkapi sarana pedestrian, gajebo, shower, toilet, skywalk, tempat duduk, menara life guard, gerbang, toilet, adventure plyground, dan panggung pertunjukan.

"Harapan kami, setelah proyek penataan pantai barat dan timur Pangandaran selesai, masyarakat bisa bersama-sama menjaga ketertiban agar tempat tersebut tetap asri, nyaman, dan indah untuk dikunjungi," tandas Dudung.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.0830 seconds (0.1#10.140)