alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Kejahatan Jalanan Marak Terjadi di Bandung, Tewasnya Shanda Menyita Perhatian Publik

Agus Warsudi
Kejahatan Jalanan Marak Terjadi di Bandung, Tewasnya Shanda Menyita Perhatian Publik
Ilustrasi/SINDOnews

BANDUNG - Sejumlah peristiwa kejahatan jalanan (street crime) terjadi di Kota Bandung, Jawa Barat. Para pelaku umumnya beraksi pada dini hari ketika  jalanan sepi.

Beberapa peristiwa yang menyita perhatian antara lain, pembegalan yang dilakukan sejumlah orang di Jalan Jakarta, Kota Bandung pada Rabu 22 Agustus 2018 pukul 01.30 WIB.

Peristiwa ini dialami Kristoforus Jedikson (23) dan Iwan Setiawan (22) saat melintas di Jalan Jakarta. Pelaku memukul mata dan pelipis korban Iwan menggunakan benda tumpul yang diduga gagang senjata api. Sepeda motor yang dikendarai Kristoforus raib digasak kawanan begal.



Di hari yang sama pukul 01.30 WIB, kawanan pelaku lain merampas telepon seluler (ponsel) milik Iis (14) di Jalan Antapani, Kota Bandung. Saat itu, korban jalan kaki hendak pulang ke rumahnya di Jalan Antapani.

Para tersangka menggunakan tiga motor, memepet korban saat kondisi jalanan sepi. Setelah itu, salah seorang pelaku membekap dan memukul korban dengan botol hingga terjatuh. Setelah tidak berdaya, para tersangka membawa kabur dua ponsel milik korban.

Masih pada Rabu 22 Agustus 2018, peristiwa pembegalan juga terjadi di Jalan Arcamanik, tak jauh dari Arcamanik Sport Center. Korban dibegal dan dianiaya sekelompok orang. Akibatnya, korban kehilangan motor Satria FU.

Kemudian, masih pada Rabu 22 Agustus 2018, aksi pembegalan juga terjadi di Taman Vanda sekitar 10 meter dari Mapolrestabes Bandung. Dua pelaku yang beraksi menjelang Salat Idul Adha atau pukul 05.30 WIB itu berhasil diringkus beberapa jam kemudian.

Pada Kamis 23 Agustus 2018 pukul 03.30 WIB, seorang perempuan penumpang ojek online dibegal di Jalan Otto Iskandardinata, Kota Bandung. Beruntung, dua pelaku berhasil diringkus oleh anggota komunitas pengemudi ojol di Jalan Cikutra.

Selanjutnya, pada Jumat 24 Agustus 2018, M (21), warga negara asing (WNA) asal Korea Selatan dijambret di Perempatan Jalan Aceh-Ambon, Kota Bandung, pukul 14.30 WIB. Korban kehilangan satu unit ponsel.

Peristiwa pembegalan paling menghebohkan dan menyita perhatian dialami Shanda Puti Denata (23) dan Eva Aprilia (22) di Jalan Cikapayang, Kota Bandung pada Kamis (30/8/2018). Korban Shanda meninggal dunia akibat pendarahan di kepala setelah jatuh dari motor akibat dibegal. (Baca juga: Shanda Meninggal Setelah Dibegal, STT Tekstil Bandung Berduka).

Belum juga kasus begal berhasil diungkap, peristiwa penembakan oleh orang tak dikenal terjadi di Jalan Pasteur, Bandung pada Jumat 30 Agustus 2018 dinihari. Peluru dari senjata pelaku menembus leher seorang perempuan, salah satu penumpang mobil Avanza. Saat ini, korban menjalani perawatan intensif di RS Hasan Sadikin.



(zik)