alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Angkat Menteri yang Setia kepada Presiden, Jangan yang Bikin Kacau

Dita Angga Rusiana
Angkat Menteri yang Setia kepada Presiden, Jangan yang Bikin Kacau
Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Buya Ahmad Syafii Maarif. Foto/Dok SINDOnews

JAKARTA - Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Buya Ahmad Syafii Maarif bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (19/9/2019). Buya mengaku dimintai pendapat mengenai sosok menteri dalam kabinet periode mendatang.

"Soal menteri. Pilih kabinet yang bagus, yang betul-betul. Dari partai juga boleh, tapi orang yang profesional, punya integritas. Itu aja," katanya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

Dia menegaskan jangan sampai Presiden Jokowi memilih sosok menteri yang malah membuat kacau. "Presidennya tahu. Jadi ada persoalan integritas, kompetensi, profesionalisme. Boleh dari partai, enggak apa-apa. Tapi yang setia kepada presiden. Jangan yang bikin kacau," ungkapnya.



Sebelumnya Presiden Jokowi meminta semua pihak untuk bersabar sampai waktunya mengumumkan menteri kabinet mendatang. "Yang pertama, ya kita sabar. Tunggu waktunya pasti akan kita umumkan," ujarnya.

Saat itu dia kembali menegaskan pembentukan kabinet merupakan hak prerogatif presiden. Dia meminta agar tidak ada yang ikut campur berkaitan dengan hal itu.

"Itu adalah hak prerogatif presiden. Jadi jangan ada yang ikut campur. Usul boleh, usul boleh, bisik-bisik juga boleh. Tapi seperti tadi yang disampaikan kewenangan presiden, hak prerogatif presiden."



(zik)