Puluhan Warga Rajagaluh Keracunan Seusai Santap Nasi Uduk dan Soto

Rabu, 18 September 2019 - 17:12 WIB
Puluhan Warga Rajagaluh Keracunan Seusai Santap Nasi Uduk dan Soto
Petugas memeriksa pasien yang diduga keracunan. Foto/Istimewa
A A A
MAJALENGKA - Puluhan warga Desa Rajagaluh Kidul, Kecamatan Rajagaluh, Majalengka, Jawa Barat, diduga mengalami keracunan makanan setelah menyantap nasi uduk, soto, serta gorengan dari penjual keliling, Rabu (18/9/2019). Akibatnya, mereka harus dirujuk ke puskesmas setempat untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

Kapolsek Rajagaluh AKP Jaja Gardaja mengatakan, dari data yaang dihimpun, ada sebanyak 29 warga yang diduga mengalami keracunan setelah mengonsumsi beberapa jenis makanan tersebut. Makanan sendiri, jelas dia, dari hasil penelusuran diketahui milik salah satu warga setempat yang dijual orang lain dengan cara berkeliling. "Kegiatan (berjualan) tersebut sudah berjalan selama bertahun-tahun," kata dia.

Dari keterangan yang dikumpulkan, para korban merasa pusing, mual, serta muntah, tidak lama setelah menyantap makan tersebut. Untuk kebutuhan pemeriksaan, petugas kesehatan juga melakukan pemeriksaan terhadap makanan dan muntah dari salah satu pasien ke labolatorium. "Untuk hasilnya menunggu selama 14 hari," jelas dia.

Sementara, dari jumlah keseluruhan warga yang diduga mengalani keracunan, 16 orang di antaranya harus menjalani perawatan lanjutan. Sisanya sudah diperkenankan pulang.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.8921 seconds (0.1#10.140)