alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

3 Hari Tenggelam di Pantai Sancang, Pemuda Ini Ditemukan Tak Bernyawa

Agus Warsudi
3 Hari Tenggelam di Pantai Sancang, Pemuda Ini Ditemukan Tak Bernyawa
Tim SAR gabungan mengevakuasi jasad Gugun. Foto/Istimewa/Basarnas Jabar

BANDUNG - Gugun (26), tenggelam selama tiga hari di Pantai Sancang, Desa Cukang Jambe, Kecamatan Cibalong, Kabupaten Garut sejak Senin 16 September 2019.

Korban akhirnya ditemukan oleh tim search and rescue (SAR) gabungan dalam keadaan tak bernyawa di Pantai Sancang sekitar pukul 07.15 WIB.

Kepala Seksi Operasi dan Siaga Kantor SAR Bandung atau Basarnas Jabar Rudi mengatakan, penempuan korban merupakan hasil operasi tak kenal menyerah yang dilaksanakan oleh tim Basarnas Jabar, Tagana Garut, Aparat Ds Cukang Jambe, dan masyarakat setempat.



"Tim SAR gabungan berhasil menemukan korban Gugun dalam keadaan meninggal dunia di sekitar lokasi kejadian pukul 07.15 WIB. Korban telah dibawa ke rumah duka untuk dimakamkan," kata Rudi.

Sebelum korban ditemukan, ujar Rudi, tim SAR gabungan dibagi menjadi dua tim. Mereka melakukan penyisiran di air dan darat.

"Tim satu menyisir perairan menggunakan satu unit perahu nelayan dari lokasi kejadian ke arah barat sejauh 3 kilometer. Sedangkan tim kedua melakukan penyisiran darat dari lokasi kejadian ke arah barat sejauh 2 km," ujar Rudi.

Diketahui, korban Gugun dilaporkan tenggelam di Pantai Sancang setelah tergulung ombak pada Senin 16 September 2019 sekitar pukul 13.00 WIB. Peristiwa itu dilaporkan ke Kantor SAR Bandung sekitar pukul 17.35 WIB.

Setelah menerima laporan, Kantor SAR Bandung mengerahkan satu tim SAR dari Pos SAR Tasikmalaya ke lokasi kejadian untuk mencari dan menemukan korban Gugun. Operasi pencarian juga melibatkan tim Tagana Garut dan aparat Desa Cukang Jambe .

"Berdasarkan laporan yang kami terima, sebelum dikabarkan tenggelam di Pantai Sancang, korban Gugun saat kejadian tengah memancing. Naas, korban terseret ombak dan tenggelam," tutur dia.



(awd)

loading...