Anggotanya Bertambah, DPRD Jabar Minta Enam Calon Pimpinan Dewan

Rabu, 18 September 2019 - 02:20 WIB
Anggotanya Bertambah, DPRD Jabar Minta Enam Calon Pimpinan Dewan
DPRD Jabar mengumumkan enam nama calon pimpinan DPRD Jabar periode 2019-2024 dalam Rapat Paripurna DPRD Jabar, Selasa (17/9/2019). Foto/Istimewa
A A A
BANDUNG - DPRD Jawa Barat mengusulkan enam nama calon pimpinan DPRD Jabar dari sebelumnya hanya lima pimpinan menyusul bertambahnya jumlah anggota DPRD Jabar periode 2019-2024.

Usulan tersebut disampaikan dalam Rapat Paripurna DPRD Jabar dimana salah satu agendanya, yakni pengumuman usulan calon pimpinan definitif DPRD Jabar periode 2019-2024.

Dalam rapat yang dihadiri Gubernur Jabar Ridwan Kamil itu, DPRD Jabar mengusulkan enam calon pimpinan DPRD Jabar yang akan diajukan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia (RI).

Keenam nama itu terdiri dari satu orang ketua dan lima orang wakil ketua, yakni Taufik Hidayat dari Partai Gerindra (Ketua), Achmad Ru'yat dari PKS (Wakil Ketua), Ineu Purwadewi Sundari dari PDIP (Wakil Ketua), Ade Barkah Surahman dari Partai Golkar (Wakil Ketua), Oleh Soleh dari PKB (Wakil Ketua), dan Irfan Suryanagara dari Partai Demokrat (Wakil Ketua).

Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil sendiri tidak mengomentari soal formasi baru pimpinan DPDR Jabar periode 2019-2024 itu. Pasalnya, kata Emil, hal itu merupakan kewenangan DPRD Jabar.

"Ini kan isinya dapurnya Pak Taufik (Ketua Sementara DPRD Jabar). Jadi, tanyanya harus ke beliau," ujar Emil saat disinggung terkait usulan tersebut.

Yang pasti, lanjut Emil, terkait fungsi alat kelengkapan baru di DPRD Jabar, pihaknya berharap, hal tersebut bisa membawa perubahan bagi Jabar.

Dalam agenda tersebut, Emil dan Ketua Sementara DPRD Jabar Taufik Hidayat sempat bersalaman sambil mengepalkan tangan sebagai tanda sinergi antara Pemprov Jabar dan DPRD Jabar.

"Zaman baru, dinamika baru. Saya kira dengan hadirnya Pak Taufik membawa angin segar kepemimpinan DPRD. Kami sudah sering ngobrol, makan bareng. Kalau Jawa Barat kondusif mah (bisa) ngabret," katanya.

Sementara itu, Ketua Sementara DPRD Jabar Taufik Hidayat mengatakan, usulan nama-nama calon pimpinan DPRD Jabar periode 2019-2024 sudah disetujui oleh seluruh anggota DPRD Jabar yang berjumlah 120 orang.

Terkait jumlah pimpinan DPRD yang berubah dari lima orang pada periode sebelumnya, Taufik beralasan, bertambahnya jumlah pimpinan DPRD Jabar menjadi enam orang karena jumlah anggota dewan bertambah dari 100 orang menjadi 120 orang.

"Kami baru mengusulkan, keputusan nanti dari Mendagri (Menteri Dalam Negeri RI). Karena sesuai dengan itu (jumlah anggota dewan), kalau (jumlah anggota) 85-100 itu lima (orang pimpinan), kalau 120 bagaimana (menyesuaikan)," katanya.

"Jadi, ya, kemungkinan ditolak, kemungkinan diluluskan (oleh Kemendagri)," tandas Taufik.
(abs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.3834 seconds (0.1#10.140)