Peringati Hari Lalu Lintas, Anggota Polres Cimahi Donorkan Darah

Selasa, 17 September 2019 - 22:50 WIB
Peringati Hari Lalu Lintas, Anggota Polres Cimahi Donorkan Darah
Kapolres Cimahi AKBP Rusdy Pramana Suryanagara mendonorkan darahnya dalam kegiatan bakti sosial memperingati Hari Lalu Lintas Bhayangkara Tahun 2019 di Mapolres Cimahi, Selasa (17/9/2019). Foto/SINDOnews/Adi Haryanto
A A A
BANDUNG - Anggota Polres Cimahi berinisiatif menggelar bakti sosial berupa donor darah untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-64 Lalu Lintas Bhayangkara, Selasa (17/9/2019).

Kapolres Cimahi AKBP Rusdy Pramana Suryanagara mengatakan, dipilihnya bakti sosial donor darah karena jajaran ingin membantu dan berbagi kasih dengan sesama.

Selama ini sering terdengar kabar bahwa rumah sakit kekurangan labu darah. Sementara kebutuhan pasien akan darah tak bisa ditunda. Karena itu, Polres Cimahi bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI), Kabupaten Bandung Barat (KBB), untuk menggelar baksos donor darah.

"Kami ingin keberadaan polisi dekat dengan masyarakat. Melalui donor darah, kami berupaya peduli kepada sesama, berbagi kasih," kata Rusdy didampingi Kasatlantas AKP Suharto di sela-sela kegiatan di Gedung Pengabdian, Mapolres Cimahi, Selasa (17/9/2019).

Rusdy mengemukakan, tidak hanya anggota polisi, masyarakat yang ingin mendonorkan darah pun bisa turut serta dalam kegiatan ini. Animo anggota Polres Cimahi untuk ikut mendonorkan darahnya cukup tinggi. Bahkan mereka sudah mempersiapkan kondisi kesehatan jauh-jauh hari.

"Pada Hari Lalu Lintas ini, saya berharap semangat profesional, modern, dan terpercaya Korlantas Polri dapat mengoptimalkan pelayanan lalu lintas semakin baik kepada masyarakat berbasis IT guna mendukung program safety riding," ujar Rusdy.

Sementara itu, petugas Unit Transfusi Darah (UTD) PMI KBB Didin menuturkan, pada kegiatan ini pihaknya menyiapkan sebanyak 200 katung labu darah.

Rencananya darah yang terkumpul akan disebarkan ke beberapa rumah sakit di wilayah KBB dan Kota Cimahi. Karena saat ini ketersediaan stok darah di hampir semua rumah sakit kurang akibat tingginya permintaan.

Karena itu, tutur Didin, PMI KBB sangat terbantu dengan kegiatan baksos donor darah yang digelar jajaran Polres Cimahi. "Kami membawa sebanyak 200 labu darah dengan kapasitas 350 mililiter. Nanti darah ini akan difilter lebih dahulu sehingga menghasilkan sekitar 250 mililiter darah dan siap untuk ditranfusikan ke pasien yang membutuhkan," tutur Didin.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 4.1423 seconds (0.1#10.140)